Dilarang Minum, Ini Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Tersedak
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tersedak karena makanan sudah sering terjadi dan kerap kali diatasi dengan pemberian minum. Niat membantu tapi bisa jadi petaka lantaran minum air putih saat tersedak malah bisa makin menghambat jalur nafas.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Selama di rumah saat pandemi, kondisi tersedak bisa berpeluang besar terjadi. Seringnya, tersedak dianggap sebagai hal sepele sehingga banyak yang tak memahami pertolongan pertama untuk mengatasinya.

Belum lama ini, aktris top Hollywood Halle Berry mengungkap pengalaman memalukannya saat syuting film James Bond: Die Another Day. Aktris pemenang Academy Award ini mengatakan, pernah tersedak saat sedang melakoni adegan sensual.

Dilarang Tayang, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kiblat

"Tersedak seperti tercekik dan nggak bisa bicara, jangan minum karena takutnya makin terhambat. Kalau tersedak ada suara mengi, itu boleh minum," ujar drg Tengku Annisa Utami MARS dalam program Hidup Sehat tvOne.

Berikut tahapan yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama saat tersedak yang seperti tercekik:

Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

Batuk
Sarankan batuk sekuat tenaga pada saat tersedak. Lakukan sampai tiga kali batuk. Kalau sudah batuk, biasanya akan ada dorongan untuk keluarkan makanan.

Condongkan badan
Jika sudah batuk dan tidak keluar makanan, penolong bisa berdiri di belakangnya. Minta untuk condongkan badan ke arah depan agar makanan mudah keluar.

Baca juga: Pengakuan Aktris James Bond, Tiba-tiba Tersedak Saat Beradegan Sensual

"Gunakan tumit tangan lalu tepuk punggung ke arah atas 5 kali sambil kasih jeda. Ulangi cara ini sampai 3 kali," kata drg. Tengku.

Hemlich manuver
Jika menepuk punggung masih tak memberi hasil maksimal, penolong bisa berdiring di belakang. Lalu tempatkan kedua tangan di antara ulu hati dan pusar.

"Tangan kiri biarkan ibu jari menghadap ke ulu hati dan sedikit di tekan. Tangan kanan mengepal dengan bertumpu pada pangkal ibu jari. Kunci, lalu tarik ke atas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya