Resep Daun Mint, Obat Alami Atasi Sakit Perut

Daun Mint
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Daun mint biasanya digunakan untuk tambahan dalam minuman agar memberi rasa segar yang khas. Di balik rasanya yang unik, daun mint sendiri memiliki khasiat yang baik bagi sistem pencernaan tubuh.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar herbal DR (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si, menuturkan bahwa daun mint memiliki kandungan yang bersifat antispasmodik yang mampu merelaksasi otot. Salah satu khasiatnya mampu membuat otot di sistem pencernaan yang kontraksi menjadi lebih nyaman.

"Daun mint ada sifat antispasmodik untuk relaksasi otot di sistem pencermaan. Biasanya saat kontraksi atau mules seperti diperes," kata Inggrid dalam acara Hidup Sehat tvOne.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Selain itu, daun mint memiliki zat minyak atsiri yang bersifat analgetik ringan sehingga ampuh meredakan sakit perut. Nah, seperti apa resep untuk membuat minuman daun mint yang ampuh atasi sakit perut? Berikut penjelasannya.

Bahan

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

15 lembar daun mint segar
5 lembar daun mint kering
1 buah jeruk nipis
Madu
Air dua gelas

Cara membuat:

Rebus air hingga mendidih. Masukan daun mint ke dalamnya, tunggu sampai air menyusut. Tuang ke cangkir dan tambahkan perasan jeruk nipis serta madu. Aduk dan siap dinikmati.

Jika ingin dicampur dengan teh, juga diperbolehkan untuk menambah cita rasanya saja namun tak memberi tambahan khasiat lain.

Disarankan konsumsi 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya