Makan Malam di Jam Ini Bisa Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker

Ilustrasi makanan/kuliner halal.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Makan malam pada waktu yang tepat setiap hari dapat membantu kamu tetap sehat dan menurunkan berat badan. Makan besar tepat sebelum tidur, dapat merusak siklus tidur, yang membuat kamu harus mengatur waktu makan malam dengan cara yang tidak mengganggu waktu tidur.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Tujuannya adalah menyelesaikan makan malam dan makan penutup setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Jadi, yang terbaik adalah menetapkan satu jam yang bisa dinegosiasikan sebelum tidur yang bebas makanan.

Hasil penelitian menunjukkan orang yang makan malam 2-3 jam tanpa makan sebelum tidur memiliki tingkat kanker, peradangan yang lebih rendah dan resistensi insulin, yang berujung pada penurunan berat badan. Atlet dan orang-orang yang mengikuti program latihan kekuatan, harus mengonsumsi makanan ringan kaya protein satu jam sebelum tidur.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Baca juga: Jangan Asal Tentukan Jam Makan Malam, Ini Bahayanya

Dilansir Times of India, harus ada jeda 4-5 jam antara makan siang dan makan malam. Celah ini memungkinkan makanan dicerna dengan baik, sebelum mengonsumsi makanan lain. Selain itu, memerhatikan rasa lapar dan kenyang, adalah indikator lain kapan dan seberapa banyak makan.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Para ahli menyarankan untuk makan, saat kamu merasa sedikit lapar atau tidak merasa lapar sepenuhnya, yang dapat menyebabkan makan berlebihan. Karena kebanyakan orang makan siang sekitar tengah hari dan makan malam pada pukul 6-7, disarankan untuk makan siang sekitar pukul 3 dan 4 sore.

Kudapan sebaiknya kurang dari 200 kalori dan kurang dari 5 gram gula. Camilan juga harus memberi kamu beberapa jenis protein. Bagaimanapun, jangan pernah melewatkan makan malam. Ini karena, ketika orang melewatkan makan malam, mereka lebih mengandalkan camilan, yang menyebabkan makan berlebih.

Jika kamu berencana untuk berolahraga setelah jam kerja, makanlah pada jam 4 sore. Camilannya bisa berupa keju dengan satu apel, dua kurma kering dengan 1-2 sendok makan selai kacang, atau biskuit berserat dengan dua sendok makan hummus.

Baca juga: Awas, Telat Makan Malam Picu Berbagai Masalah Kesehatan

Makan malam tepat sebelum tidur, dapat menggangu tidur, seperti halnya tidak cukup makan sebelum tidur. Dalam kasus terakhir, kamu mungkin terbangun tengah malam dengan perasaan lapar. Kamu juga kehilangan nutrisi utama yang dibutuhkan untuk perbaikan, pemeliharaan, dan penyembuhan sel-sel dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya