3 Hal yang Wajib Dibersihkan Agar Terhindar Dari Corona

Ilustrasi disinfektan/membersihkan rumah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 mengajarkan kita banyak hal salah satunya menjaga kebersihan. Ini penting untuk mencegah terjadinya penularan virus corona, termasuk di dalam rumah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Termasuk juga benda-benda berikut ini yang harus dibersihkan. Hal itu mengingat ada beberapa benda yang membawa sebagian besar kuman dan harus sering dibersihkan untuk mengurangi risiko infeksi. Apa saja? Berikut ini tiga benda yang wajib dibersihkan setiap saat seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Handphone

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Handphone adalah rumah bagi berbagai jenis kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sebab kamu sering membawa ponsel ke semua tempat dan yang tidak kamu ketahui adalah bahwa barang milik kamu itu dipenuh dengan berbagau kuman, termasuk E. coli, staph, dan strep. Faktanya, menurut sebuah penelitian, ponsel kita mengandung bakteri 10 kali lebih banyak daripada toilet duduk.

Baca juga: Jari Kaki Alami Memar Keunguan? Hati-hati Tanda Corona

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

2. Masker

Masker telah menjadi kebiasaan baru untuk dikenakan selama pandemi. Sebab masker dapat melindungi masuknya bakteri dan virus ke dalam sistem pernapasan kita.  

Namun saat Anda keluar, masker tersebut terkena kotoran, serbuk sari dan berbagai jenis kuman. Saat Anda memakai masker yang sama lagi tanpa mencucinya, semua kotoran dan kuman masuk ke sistem pernapasan dan, meningkatkan peluang Anda untuk jatuh sakit.  

3. Gagang pintu

Gagang pintu adalah hal terpenting ketiga yang harus dibersihkan secara rutin, terutama di pintu utama. Sebab, gagang pintu utama disentuh oleh beberapa orang dalam sehari. 

Bahkan ketika Anda datang dari luar, Anda membuka pintu dengan tangan kotor dan, masuk ke dalam rumah baru kemudian cuci tangan. Selama ini, semua kuman yang ada di tangan Anda dipindahkan ke kenop pintu. Jadi, penting untuk membersihkannya beberapa kali sehari.

Ketiganya adalah hal terpenting yang harus Anda bersihkan 2-3 kali sehari untuk mengurangi risiko jatuh sakit. Benda-benda ini membawa sebagian besar kuman dibandingkan dengan yang lain dan tidak boleh dianggap enteng.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya