Ini Alasan Wanita Sering Gagal Diet dan Sulit Turunkan Berat Badan

Ilustrasi wanita/sedih.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Meski memiliki lebih banyak pengetahuan tentang diet dan pola makan sehat, namun wanita lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan pria. Salah satu alasan utamanya adalah ketidakmampuan wanita untuk menolak makanan gurih dan manis.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Percaya atau tidak, menurut sains, pria lebih mampu menolak sepiring penuh suguhan makanan yang menggoda dibandingkan dengan wanita.

Baca Juga: Studi Baru Klaim Sarapan Lebih Banyak Ampuh Turunkan Berat Badan

Demi Totalitas Perankan Glenn Fredly, Marthino Lio Sampai Lakukan Hal Ini

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, pria adalah pelaku diet yang lebih baik daripada wanita, yang membantu mereka menurunkan berat badan lebih cepat.

Kesimpulan tersebut diambil setelah penelitian dilakukan terhadap 23 relawan yang diminta berpuasa selama sehari dan kemudian menekan pikirannya terkait makanan.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Dari penelitian itu, ditemukan bahwa peserta pria mengalami lebih sedikit rasa lapar dan ngidam makan dibandingkan dengan wanita. Melalui pemindaian otak, terungkap bahwa pria memiliki aktivitas yang jauh lebih sedikit daripada wanita di bagian otak terkait dengan keinginan untuk makan.

Berdasarkan penelitian, pria cenderung berpikiran tunggal dan berkomitmen lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Ketika mereka berkomitmen untuk mengikuti diet sehat dan menjadi bugar, mereka mencoba untuk tetap menjalaninya. Pria tidak mudah menyerah pada godaan dan sangat baik dalam menahan keinginan mereka.

Alasan kedua adalah hormon mereka. Wanita memiliki lebih banyak esterogen dibandingkan pria.  Hormon ini meningkatkan berat badan dan menyulitkan mereka untuk menurunkan berat badan.  Selain itu, wanita juga lebih banyak mengidam selama siklus menstruasi bulanan.

Lalu bagaimana cara menahan keinginan untuk menurunkan berat badan? Dilansir dari laman Times of India, Selasa, 3 November 2020, pertama-tama, terimalah kenyataan bahwa penurunan berat badan tidak hanya ditentukan oleh kebiasaan makan dan olahraga. Penurunan berat badan itu dipengaruhi oleh banyak hal.  

Setiap orang memiliki perjalanan penurunan berat badan yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika orang lain turun berat badannya lebih cepat dibandingkan Anda. Anda harus fokus pada diri sendiri dan tetap termotivasi untuk mencapai tujuan.

Jika Anda mendambakan suguhan favorit, maka tidak buruk untuk kadang-kadang menikmatinya.  Tetapi lakukan dengan cara yang paling sehat untuk tetap berada di jalur yang benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya