Jangan Sepelekan Keseleo, Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Ilustrasi kaki nyeri akibat keseleo
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Jangan sepelakan terkilir karena jika tdk ditangani secara tepat dapat mengakibatkan masalah serius di masa mendatang 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Keseleo atau terkilir dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Keseleo dapat mengakibatkan hal yang semakin hal yang semakin berat jika tidak ditangani pada awal kejadiannya. 

“Keseleo nantinya dapat menyebabkan gangguan pada struktur yang menyusun kaki, seperti ligamen, otot, tulang dan sendi yang akhirnya dapat menyebabkan pengapuran pada kaki kita,” kata dr. Ibrahim Agus spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dalam acara Hidup Sehat tvOne, Jumat, 6 November 2020.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Baca juga: Rekor 17 Detik, Bisakah Kamu Temukan Tisu Toilet dalam Gambar?

Jika mengalami keseleo pastikan tidak mengalami sesuatu masalah serius pada kasus keseleonya. Dan, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menjejakan kaki yang keseleo pada lantai dapat  menggunakan tongkat untuk mengurangi beban ke kaki dengan memindahkan beban ke tangan kita. 

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

Kemudian, istirahatkan kaki dan juga berikan kompres es selama 10-15 menit dua kali sehari. Lakukan juga pembebatan bisa menggunakan elastik perban, Mengangkat kaki yang keseleo lebih tinggi dari pada jantung kita ketika beristirahat. 

“Jangan melakukan tindakan yang malah memperburuk kondisi keseleo tersebut seperti melakukan tarikan, pemijatan atau urutan yang tidak pada tempatnya dan memgoleskan minyak-minyakan,” ujar dr Ibrahim.

Ia juga menganjurkan, jika kondisi memburuk pastikan mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya