Ini Penyebab Pendeknya Rentang Hidup Penderita Diabetes

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penderita diabetes" target="_blank">diabetes harus menjalani gaya hidup sehat dengan tetap mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi dan melakukan aktivitas fisik, agar gula darahnya tetap terkontrol. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pasalnya, gula darah yang tidak terkontrol pada pasien diabetes, bisa membuat penyakitnya bertambah parah. Terlebih, bisa menyebabkan komplikasi, yang memengaruhi kualitas hidupnya. 

Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, pun menuturkan hal yang sama. Menurut dia, salah satu hal yang dapat memengaruhi kualitas hidup penderita diabetes adalah kondisi komplikasi diabetes. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Baca juga: Kebingungan Disertai Demam, Waspada Gejala Dini COVID-19 pada Lansia

"Karena komplikasi pada penderita diabetes dapat menyebabkan pendeknya rentang hidup, keterbatasan diri, serta meningkatnya beban ekonomi bagi pasien dan keluarganya. Sehingga sangat memengaruhi terhadap penurunan kualitas hidup penderita, bila tidak diatasi dengan baik," ujarnya saat #Hands4Diabetes2020 Online Festival, yang digelar Tropicana Slim, Jumat 6 November 2020. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sayangnya, menurut Dante, berdasarkan sebuah penelitian terhadap 907 orang pasien diabetes di Indonesia (dari rumah sakit di daerah Jawa dan Sulawesi), 70 persen pasien dilaporkan menderita komplikasi diabetes.

"Diabetes memang merupakan penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Kabar baiknya, diabetes dapat dikendalikan agar tidak menyebabkan komplikasi," tutur dia. 

Oleh karena itu, Dante menjelaskan penting agar anggota keluarga punya pemahaman yang tepat tentang diabetes dan cara mengontrol kadar gula darah, baik bagi diri mereka maupun anggota keluarga yang menderita diabetes. 

"Kondisi kadar gula darah yang terkontrol bermanfaat bagi penderita diabetes agar dapat merasa lebih baik. Misalnya membuat merasa lebih berenergi, serta lebih jarang mengalami kondisi infeksi," kata dia. 

Selain itu, mengontrol gula darah juga penting untuk mencegah berbagai macam komplikasi diabetes yang berbahaya, seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, kerusakan sistem saraf, dan penyakit ginjal. 

"Cara mengontrol diabetes adalah melalui pola makan sehat, menjaga berat badan, aktif bergerak, mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, serta cek kadar gula darah secara rutin," tutur dokter Dante Saksono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya