#TanyaDokter: Bagaimana Atasi Gatal dan Beruntusan di Badan?

RSPI - dr. Umi Rinasari, MARS, Sp. KK, FINSDV
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Masalah kulit menjadi salah satu yang paling sering dihadapi orang. Meski umumnya masalah kulit di tubuh tak memerlukan pengobatan yang rumit, tapi penting untuk mengetahui apa penyebabnya sehingga bisa dihentikan.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Dalam Rubrik #TanyaDokter, kali ini akan membahas masalah kulit gatal dan beruntusan di kulit tubuh. Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSPI, dr Umi Rinasari, MARS, Sp.KK FINSDV akan memberikan penjelasan mengenai masalah kulit tersebut.

Baca juga: Sering Merasa Gatal? Bisa Jadi Gejala Diabetes

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

Dokter Umi mengatakan, beruntusan dan gatal pada kulit tubuh bisa muncul dengan beragam penyebab. Salah satunya karena alergi.

"Bisa juga disebabkan oleh jamur dan masing masing dari keluhan penyakit ini berbeda-beda," ujar dokter Umi.

7 Alasan Skincare dari Korea Selatan Diminati di Indonesia

Untuk mencegahnya, menurut dokter Umi, yang paling utama adalah menjaga kesehatan badan. Kemudian, perhatikan pakaian yang kita gunakan.

"Hindari pemakaian pakaian yang sudah digantung. Jadi pakaian yang kotor lebih baik dicuci, jangan digantung karena itu bisa menyebabkan timbulnya suatu alergi pada kulit badan," kata dia.

Namun, jika rasa gatal yang terasa tidak tertahankan, dan keluhan juga disertai merah serta beruntusan semakin banyak, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dengan demikian, keluhan bisa ditangani lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya