Terbukti Picu Kanker, BPOM AS Tarik Obat Diabetes

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/topntp26

VIVA – FDA meminta penarikan sukarela obat untuk diabetes dari Nostrum Laboratories jenis metformin (dua lot tablet 500 mg dan dua lot tablet 750 mg). Atas itu, perusahaan pun menarik kembali metformin karena mungkin mengandung N-nitrosodimethylamine (NDMA) di atas batas dosis yang dapat diterima sehingga memicu kanker.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dikutip dari situs resminya, FDA menerbitkan daftar metformin yang ditarik termasuk rincian tentang produk metformin yang telah ditarik. Namun, asien yang menggunakan retret metformin harus terus meminumnya sampai dokter atau apoteker memberi mereka pengganti atau pilihan pengobatan yang berbeda. 

Sebab, mungkin berbahaya bagi pasien diabetes tipe 2 untuk berhenti menggunakan metformin mereka tanpa terlebih dahulu berbicara dengan profesional perawatan kesehatan mereka. FDA merekomendasikan bahwa profesional perawatan kesehatan terus meresepkan metformin jika secara klinis sesuai kebutuhan.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Dikutip dari laman Trust Well, NDMA (N-nitrosodimethylamine) adalah bahan kimia penyebab kanker berbahaya yang baru-baru ini terdeteksi dalam beberapa obat. Air dan banyak makanan mungkin mengandung tingkat NDMA yang rendah tetapi tingkat tersebut biasanya tidak cukup tinggi untuk menyebabkan kerusakan.

Tetapi baru-baru ini Food and Drug Administration (FDA) menemukan NDMA dalam tingkat yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan pada beberapa obat. Beberapa jenis obat, seperti Zantac (ranitidine), antasid, telah ditarik kembali.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Sementara, beberapa obat, seperti valsartan, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan, dalam beberapa kasus, gagal jantung, dan metformin, obat untuk diabetes tipe-2, sedang diuji lebih lanjut terkait kandungan tersebut. Tetapi, FDA tetap meminta penarikan produk tersebut.

Perlu dipahami, NDMA adalah bahan kimia organik. Ini adalah cairan kuning dan tidak berbau. Meskipun tidak diproduksi secara sengaja di A.S., kecuali untuk tujuan penelitian, NDMA dibuat sebagai produk sampingan dari berbagai proses manufaktur dan alami melalui reaksi kimia. Misalnya, proses yang melibatkan alkilamina, yang terjadi secara alami dan senyawa buatan manusia yang ditemukan di lingkungan, dapat menghasilkan NDMA melalui reaksi kimia

dr. Roy Panusuan Sibarani, Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Federasi Diabetes Internasional memperkirakan bahwa 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada tahun 2045.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024