Kenali Diabetes dari 6 Perubahan di Kulit Ini

Ilustrasi kulit gatal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Angka penderita diabetes setiap tahun semakin meningkat. Diabetes merupakan penyakit kronik yang bisa memicu penyakit lainnya. Tapi, penyakit ini bisa dikendalikan dengan mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat secara rutin.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Diabetes bisa mempengaruhi banyak sekali bagian tubuh penderitanya. Seseorang yang tidak menyadari mengidap diabetes, bisa mengenalinya lewat perubahan pada kulit.

Berikut ini adalah enam perubahan kulit yang mengindikasikan kamu perlu memeriksakan kadar gula darah, seperti dilansir laman Times of India.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Baca juga: Konsekuensi Serius Jika Penderita Diabetes Tak Mengontrol Gula Darah

Bercak kuning, merah atau cokelat di kulit

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Kondisi kulit ini dinamakan necrobiosis lipoidica dan diawali dengan benjolan padat yang terlihat seperti jerawat. Seiring perkembangannya, benjolan ini berubah menjadi bercak yang keras dan bengkak pada kulit. Warnanya bisa kemerahan, kuning, atau cokelat. Kulit di sekitarnya terlihat berkilau, kamu bisa melihat pembuluh darah dan merasakan gatal serta sakit. Jika melihat tanda ini, segeralah cek gula darah.

Bercak hitam seperti beludru

Terdapat bercak hitam yang terasa seperti beludru dan terlihat di sekitar leher, ketiak, kunci paha atau lainnya, bisa menandakan kamu memiliki insulin yang terlalu banyak di dalam darah. Bercak ini adalah tanda pradiabetes. Nama medis untuk kondisi ini adalah acanthosis nigricans.

Lecet

Meski tidak terlalu umum, dalam beberapa kasus, orang yang menderita diabetes bisa mengalami lecet di kulit. Lecet besar, beberapa lecet, atau keduanya bisa muncul di kulit. Lecet ini biasanya muncul di tangan, kaki, tungkai, dan lengan. Bentuk lecet yang muncul tampak seperti kulit yang terbakar atau terkena panas. Tapi, lecet ini tidak menimbulkan sakit.

Luka butuh waktu lama untuk sembuh

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu yang lama membuat sirkulasi darah buruk dan merusak saraf. Kondisi tersebut membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan luka. Khususnya pada daerah kaki. Luka terbuka ini disebut dengan luka diabetes.

Kulit sangat kering dan gatal

Orang yang menderita diabetes seringkali mengalami kulit kering dan gatal. Sirkulasi darah buruk yang disebabkan diabetes bisa memicu kulit kering dan gatal. Jika kulit kamu sangat kering dan tidak ada losion yang mampu mengatasinya, saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Penderita Diabetes Masih Bisa Makan Nasi, Asal Ikuti Aturan Ini

Bercak bersisik kuning di sekitar mata

Kadar lemak tinggi dalam darah bisa menyebabkan bercak bersisik kuning di dan sekitar mata. Itu juga bisa menjadi tanda kamu punya diabetes yang tak terkontrol. Kondisi ini disebut dengan xanthelasma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya