#TanyaDokter: Tahi Lalat Kecil-kecil di Leher, Bisakah Dihilangkan?

RSPI - dr. Umi Rinasari, MARS, Sp. KK, FINSDV
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Tahi lalat kecil yang sering timbul di area leher atau lipatan kulit lain, seringkali membuat percaya diri menurun. Jika kamu mengalami masalah ini, simak pemaparan dokter spesialis kulit dr. umi Rinasari, MARS, Sp.KK, FINSDV dari Rumah Sakit Pondok Indah lewat rubrik #TanyaDokter berikut.

5 Perubahan Pada Kulit Saat Masa Kehamilan

Lantas, apa yang menyebabkan timbulnya tahi lalat kecil di leher? Menurut dokter Umi, tahi lalat yang banyak tumbuh di area leher berukuran kecil-kecil, dalam dunia kedokteran disebut skin tag atau papiloma kutis.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Benjolan di Tubuh yang Harus Diwaspadai

#TanyaDokter: Apa Itu Hamil Anggur?

“Untuk tahi lalat kecil kecil ini bisa berukuran 1-2 mm, bisa juga lebih besar sampai 5 mm, ini bisa muncul di area lipatan pada kulit seperti leher, area selangkangan, ketiak, bisa juga area lain yang memang tergesek oleh pakaian,” ujar dokter Umi.

Sayangnya, penyebab timbulnya skin tag tidak diketahui. Namun, kondisi ini lebih sering timbul pada orang yang berusia lanjut, mereka yang memiliki obesitas dan pemilik riwayat diabetes melitus.

#TanyaDokter: Bolehkan Berhubungan Seks saat Hamil Trimester Pertama?

“Dan juga bisa timbul pada ibu hamil karena perubahan hormonal. Dan ini memang sangat terkait dengan adanya gesekan pada pakaian dan kulit itu sendiri,” lanjut dokter Umi.

Adakah cara mengatasinya? Dokter Umi mengatakan, skin tag bisa diatasi dengan metode pengobatan yang disebut dengan bedah listrik atau electric couter kemudian bedah potong menggunakan pisau bedah.

“Bagaimana penggunaan calusol? Penggunaan obat ini tidak disarankan karena calusol itu bisa menyebabkan iritasi kulit sehingga bisa menyebabkan penyakit kulit lain seperti dermatitis contact irritan,” kata dokter Umi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya