5 Cara Alami Detoksifikasi Setelah Makan Besar

Ilustrasi detoksifikasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kita semua bersalah karena terlalu banyak makan usai mengadakan pesta. Tetapi juga benar bahwa kebanyakan dari kita menyesal menyerah pada godaan kita dan mengambil tindakan ekstrem setelah pesta besar untuk membersihkan sistem internal kita. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Dari puasa hingga minum jus sehat, Anda mengambil semua jenis tindakan untuk membuang racun dari sistem dan kembali ke jalur semula. Terkadang ketika mencoba untuk kembali ke rutinitas harian, Anda melakukan banyak hal secara berlebihan, mempertaruhkan kesehatan.

Pertama-tama, Anda perlu tahu bahwa tubuh kita dirancang untuk melakukan detoks sendiri. Hati dan ginjal bekerja sepanjang waktu untuk membuang limbah dan racun tidak sehat dari tubuh. Dengan mengambil tindakan ekstrem Anda hanya membahayakan tubuh dan memperlambat proses internal. 

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Baca juga: Kenali Diabetes dari 6 Perubahan di Kulit Ini

Jika Anda bertekad untuk melakukan detoks maka cobalah beberapa cara alami, yang mendukung proses internal, daripada memperlambatnya. Dilansir dari laman Times of India, berikut lima cara alami detoksifikasi setelah makan besar.

Awas! Puasa Ramadhan Bisa Bikin Gemuk? Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari

Hindari pembicaraan diri sendiri yang negatif

Hindari pembicaraan diri sendiri yang negatif. Tidak apa-apa untuk sesekali menikmati hidangan berdosa favorit Anda. Ketika berfokus pada pola makan yang sehat dan bersih, sesekali menikmati makanan favorit bukanlah masalah besar. 

Ini bermasalah bila Anda sering melakukannya, yang penting adalah bangkit kembali pada rutinitas harian setelah makan. Pembicaraan negatif tidak akan membantu Anda mencapai ini. Melainkan akan menyebabkan stres dan masalah kesehatan lainnya. Cobalah untuk tetap positif sepanjang waktu.

Coba latihan ringan

Untuk membakar kalori ekstra yang dikonsumsi, Anda tidak harus menghukum diri sendiri dengan melakukan latihan intens tiga kali sehari. 

Baca juga: Usai Makan Pedas Lidah Tak 'Panas', Waspada Gejala Baru COVID-19

Lakukan perlahan dan berikan tubuh Anda waktu untuk pulih. Terlalu banyak berolahraga akan menimbulkan stres. Jika Anda bertekad untuk berolahraga, cobalah yoga atau jalan kaki.

Minum banyak air

Salah satu hal terbaik yang harus dilakukan adalah minum banyak cairan. Air membantu mengeluarkan produk limbah yang tidak diinginkan dari sistem melalui urin dan keringat.

Hal ini juga meningkatkan metabolisme dan memberi energi kembali. Tambahkan air infus, air kelapa, dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air ke dalam makanan Anda. Bahkan minum air biji jintan dan karrom 2-3 kali sehari dapat membantu.

Makan lebih banyak serat

Tampaknya benar untuk berpuasa setelah pesta untuk menyeimbangkan asupan kalori, tetapi terkadang hal ini dapat menjadi bumerang. Sebaliknya, makanlah makanan sehat dan kaya serat. 

Makronutrien ini sebenarnya mendukung ginjal dan hati kita untuk membuang limbah keluar dari tubuh dengan cara yang lebih baik. Ini mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik dan membantu meningkatkan fungsi penghalang usus.

Makan makanan mentah dan fermentasi

Memiliki makanan yang difermentasi saat detoksifikasi adalah ide yang bagus. Makanan fermentasi dapat memperlancar proses pencernaan dan dapat mendukung proses detoksifikasi. 

Makanan ini membantu dalam pembentukan bakteri baik, yang meningkatkan kesehatan usus dan pada akhirnya meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya