Trik Konsumsi Nasi Tanpa Khawatir Bikin Gemuk

Ilustrasi nasi.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Nasi menjadi salah satu hal yang dihindari untuk dikonsumsi bagi sebagian orang yang tengah menjalani diet. Sebabnya, nasi dianggap memiliki indeks glikemik tinggi, serat dan nutrisi rendah, yang menyulitkan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Padahal, nasi yang merupakan karbohidrat harus tetap dikonsumsi selama menjalani diet. Tapi, tahukah kamu mengolah nasi dengan benar menjadi kunci menurunkan berat badan? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society, menggunakan minyak kelapa dan lemari es dapat mengurangi kalori dalam nasi Anda hingga 60 persen.

Baca juga: Gak Makan Nasi, Bukannya Kurus Malah Picu Kematian

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Nasi memang diketahui kaya akan kalori dan ada metode memasak yang cerdas dan teruji untuk mengurangi kandungan kalorinya. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah merebus nasi dalam jumlah yang baik dengan satu sendok minyak kelapa. Setelah matang selama 30-40 menit, tiriskan dan simpan di dalam lemari es selama 12 jam. Keluarkan setelah 12 jam dan Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir.

Dilansir dari laman Times of India, nasi diketahui terdiri dari pati yang dapat dicerna bersama dengan sejenis karbohidrat yang dikenal sebagai pati resisten. Untuk yang tidak berversi, manusia tidak memiliki enzim untuk mencerna yang terakhir (pati resisten) sehingga ketika mengkonsumsinya, pati itu tidak diubah menjadi gula dan diserap oleh tubuh untuk energi, namun sebaliknya pati itu akan melewati usus kecil dan dimetabolisme di usus besar.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Faktanya adalah semakin resisten pati suatu makanan, semakin rendah kalori yang akan diserap tubuh. Hal ini didasarkan hasil peneliti dari College of Chemical Sciences, Sri Lanka, yang melakukan sebuah penelitian untuk melihat apakah lebih banyak pati yang dapat dicerna dari nasi dapat diubah menjadi jenis yang tidak dapat dicerna sehingga dapat mengurangi kalori nasi.

Tim tersebut menguji 38 jenis nasi dan bereksperimen dengan beberapa resep untuk menemukan cara yang dapat membantu mengurangi kandungan kalorinya. Resep yang tampaknya berhasil adalah resep yang menggunakan lemak dan lemari es.

Unit glukosa yang ada dalam nasi yang telah dimasak diketahui terdiri dari struktur yang longgar, tetapi saat nasi mendingin, molekul cenderung mengatur ulang menjadi ikatan yang tahan terhadap pencernaan. Sekarang, selain mengurangi kandungan kalori, memasak nasi dengan cara ini juga membantu memberi makan bakteri baik di sistem pencernaan. Jadi, jika Anda menyukai nasi, tidak perlu menghindarinya dari diet Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya