Mandi Malam Disebut Picu Rematik, Ini Kata Dokter

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mandi di malam hari sering dianggap pemicu tubuh mengalami rematik. Hal ini membuat masyarakat akhirnya enggan untuk mandi di waktu malam, meski baru saja pulang menjalani beragam aktivitas yang padat.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Di tengah COVID-19, selalu dianjurkan untuk mandi dan mengganti baju di rumah setelah beraktivitas di luar. Hal ini untuk meminimalisasi penularan virus tersebut. Tetapi, bayangan kondisi rematik yang dianggap akan mengintai kerap menyurutkan niat untuk mandi di malam hari.

Lantas, bagaimana menurut pakar? Apakah mandi malam memang memicu rematik?

Apakah MK Tolak Gugatan Syarat Usia SIM seperti Tolak Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?

"Mitos, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi malam memicu rematik," ujar dr. Nelfidayani Sp.KFR, dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

Baca juga: Gak Sembarangan, Ini Aturan Olahraga Bagi Tiap Penderita Diabetes?

Pria Ini Gugat Syarat Usia Pembuatan SIM ke MK karena Kagum 2 Bocah SD Motoran Madura-Jakarta

Menurutnya, hal yang memicu mitos tersebut adalah pemakaian air dingin saat mandi, yang mana suhu di malam hari sudah meningkat lebih dingin. Kondisi tersebut membuat otot menjadi kaku.

"Air dingin ini memicu pembuluh darah kontraksi sehingga otot menjadi kaku. Kalau mau, mandi malam boleh tapi dengan air hangat untuk bantu relaksasi otot," tuturnya.

Adapun rematik sendiri terjadi bukan hanya pada usia tua saja melainkan cukup beragam. Bahkan, penelitian menyebut perempuan di usia produktif lebih rentan mengalami rematik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya