5 Cara Mengurangi Kecanduan Media Sosial Menurut Psikiater

Ilustrasi bebas berselancar di internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kecanduan media sosial bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif dalam bekerja. Selain itu, kecanduan media sosial juga bisa membuat kamu sulit bersosialisasi dengan orang lain dan lebih mementingkan diri sendiri.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Beberapa masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, gelisah, hingga tingkat emosi yang tidak stabil, juga bisa ditimbulkan dari kecanduan ini.

Nah, jika kamu ingin mengurangi kecanduanmu bermain media sosial dan lebih produktif, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, yang dipaparkan oleh Psikiater, dr. Lahargo Kembaren, SpKJ, dalam Webinar Hidup Sehat tvOne, Kamis 12 November 2020.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Menekuni minat dan hobi yang tidak menggunakan internet

Kamu bisa melakukan kegiatan lain, seperti berolahraga, menyanyi, memasak, menari, bermain musik, mengikuti kegiatan organisasi di tempat ibadah atau di lingkungan rumah, dan lainnya.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Bicarakan kondisi kecanduanmu

Bicarakan kondisimu pada orangtua, guru, atau seorang profesional (misal psikiater dan psikolog), yang dapat membantu kamu mengatasi kecanduan internet atau media sosial.

Batasi penggunaan waktu internet

Penggunaan internet kurang dari tiga jam per hari untuk bermain daring atau media sosial, dapat membantumu mengurangi kecanduan internet.

Menghapus aplikasi yang kurang berguna

Untuk mengurangi waktumu bermain internet, kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang kurang berguna.

Membuat perjanjian penggunaan internet orangtua dan remaja

Untuk meningkatkan tanggung jawab remaja, maka orangtua dan remaja dapat membuat perjanjian penggunaan internet yang disepakati bersama. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya