Penyebab COVID-19 dan Flu Timbulkan Sakit Tenggorokan yang Sama

Ilustrasi sakit tenggorokan.
Sumber :
  • Pixabay/nastya_gepp

VIVA – Sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala atau ciri seseorang terpapar COVID-19. Namun, belakangan ini perubahan cuaca juga membuat banyak orang mengalami flu dan sakit tenggorokan.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Di tengah pandemi seperti saat ini tentu, gejala sakit tenggorokan akibat COVID-19 dan sakit tenggorokan karena flu biasa memang sering sulit dibedakan. Maka tidak heran jika masyarakat yang mendapati tenggorokan mereka sakit menjadi khawatir.

Baca juga: Benarkah Sperma Bisa Tularkan COVID-19?

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sebenarnya, baik flu biasa dan COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang mungkin berbeda dalam risikonya bagi tubuh, tetapi menular dan ditularkan dengan cara yang sama. Namun, begitu Anda tertular COVID-19, Anda kemungkinan besar akan mengalami gejala berikut yang umum terjadi pada kedua penyakit ini, yakni demam, pilek, kelelahan, kehilangan indera penciuman, sakit tenggorokan, hidung mampet, nyeri dada dan sesak napas. 

Dilansir dari laman, Times of India, sakit tenggorokan pada pasien COVID-19 terjadi ketika virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan, yang pada akhirnya membuat area tersebut membengkak. Rasa sakit dan pegal yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi disebut 'faringitis'.  

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Demikian pula, dalam kasus flu biasa dan kondisi serupa flu lainnya, sakit tenggorokan dipicu dengan cara yang sama. Dalam upaya melawan patogen, sistem kekebalan menghasilkan respons peradangan, yang membuat tenggorokan sakit.

Selain COVID-19 dan flu biasa, sakit tenggorokan juga dapat dikaitkan dengan penyakit lain, yang mungkin seserius dan mungkin tidak separah virus corona baru. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan dan tampaknya itu satu-satunya gejala yang umum, kemungkinan besar hal itu lebih berkaitan dengan alergi serbuk sari atau bulu dibandingkan dengan flu biasa atau COVID-19.

Baca juga: Terungkap, 5 Hari yang Tak Boleh Diabaikan Pasien COVID-19

Selain itu, radang tenggorokan juga bisa menjadi gejala flu yang bisa disertai demam, menggigil, dan kelelahan. Namun, jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang parah, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya