Tips Menjaga Ibu Hamil Selama Pandemi COVID-19

Hamil di masa pandemi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Virus corona (COVID-19) bisa menginfeksi siapa saja. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), orang tua atau lanjut usia memiliki risiko tinggi terpapar COVID-19. 

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Namun, bukan hanya lansia saja yang memiliki risiko tinggi terpapar virus corona. CDC juga menempatkan wanita yang tengah hamil rentan terpapar infeksi. 

"Kami saat ini tidak tahu apakah wanita hamil memiliki kemungkinan lebih besar untuk sakit akibat COVID-19 daripada masyarakat umum atau apakah mereka lebih cenderung memiliki penyakit serius," tulis CDC seperti dikutip dari website resmi mereka.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

CDC menjelaskan, wanita hamil mengalami perubahan dalam tubuh mereka yang dapat meningkatkan risiko beberapa infeksi.  Dengan virus dari keluarga yang sama dengan COVID-19, dan infeksi pernapasan virus lainnya, seperti influenza, wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah. Maka penting bagi wanita hamil untuk melindungi diri dari penyakit.

Dalam VIVATalk, Kamis 12 November 2020, Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Manggala Pasca Wardhana, SpOG (K) menjelaskan bahwa penting bagi ibu untuk melakukan jaga jarak terutama ketika mereka terpaksa harus keluar. 

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

"Pergi atau keluar kalau urgent harus paham jangan sampai kena COVID-19, penting menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu juga selalu cuci tangan terutama sebelum memegang area wajah," kata dia. 

Selain itu juga, penting menjaga jarak dan menggunakan masker saat melakukan kontrol kehamilan saat di rumah sakit. Dia juga mengimbau untuk melakukan perjanjian konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan kehamilan. 

"Kontrol kalau bisa sekarang by appoitment. Jangan sampai area itu penuh," kata dia.

Selain itu, Manggala juga mengingatkan peran keluarga di rumah juga untuk menerapkan protokol 3M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan).

"Keluarga penting, ibu hamil mungkin selalu di rumah. Tapi yang di rumah seperti suami yang kerja, pembantu yang belanja di pasar.  Penting semua keluarga menjaga ibu hamil suami jangan nongkrong dulu selama hamil,  suami tetap itikad tanggung jawab 3M itu," tutur dia.

Selain itu, juga ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang sehat serta makanan yang matang untuk menjaga tubuh mereka tetap bugar. 

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya