Studi: Olahan Nangka Ini dapat Membantu Pengendalian Diabetes

Buah nangka.
Sumber :
  • PIxabay/DEZALB

VIVA – Ketika datang ke diabetes, orang mencoba untuk menahan penyakit dengan beralih ke kebiasaan makan yang sehat. Pola makan yang terencana dengan baik, bersama dengan makanan 'ramah diabetes' memang dapat membantu dalam mengontrol kadar gula.

Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Salah satu buah tersebut adalah nangka. Sarat dengan vitamin A, vitamin C, niasin, kalsium, thiamin, riboflavin, kalium, zat besi dan magnesium, nangka adalah gudang nutrisi. Nangka memiliki indeks glikemik rendah yang membuatnya menjadi pengganti tepung terigu yang baik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, tepung nangka menurunkan hemoglobin glikosilasi (HbA1c), glukosa darah puasa (FBG), dan glukosa postprandial (PPG).

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Penelitian ini melibatkan 40 peserta diabetes tipe 2 (DMT2), yang diberi 30 gram tepung hijau yang terbuat dari nangka selama tiga bulan. Sisanya menggunakan tepung terigu atau beras biasa untuk membuat roti.

Di akhir penelitian, yang disetujui oleh Indian Council of Medical Research (ICMR), ditemukan bahwa orang yang mencampurkan tepung dalam adonan gandum menunjukkan peningkatan kadar glukosa plasma.

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

Bagi penderita diabetes, yang mendambakan makanan favorit tetapi harus tetap memeriksa kadar gula pada saat bersamaan, tepung nangka dapat menjadi salah satu alternatif. 

Dari burger hingga adonan pizza hingga banyak hidangan lezat lainnya, Anda dapat mencoba beberapa resep dengan tepung nangka. Ini kaya serat makanan dan membuat proses pencernaan lancar.

Orang-orang juga menggunakan tepung nangka dan mencampurkannya dengan tepung biasa untuk memberikan rasa yang gurih namun berbeda pada roti, biskuit

Cara membuat tepung nangka di rumah; Biji nangka dijemur. Keringkan sedikit di dalam wajan. Buang cangkang tipis lainnya dan buang. Potong bijinya dan haluskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya