7 Kebiasaan Baru untuk Menjaga Kesehatan agar Terhindar COVID-19

Aktivitas saat pandemi
Sumber :
  • health.mil

VIVA – Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak rutinitas harian masyarakat. Dengan adanya pandemi ini membuat kita harus berada di dalam rumah untuk mencegah penularan semakin meluas. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Meski di rumah, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan mereka. Ini penting agar imunitas tetap terjaga sehingga terhindar dari penularan virus corona.

Jadi, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan gaya hidup dan rutinitas yang sehat dan aktif sementara untuk membatasi paparan COVID-19? Dilansir dari laman health.mi, berikut ini tips untuk menjaga tubuh tetap sehat selama pandemi.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tetap aktif

Tetap aktif berolahraga menjadi kunci penting menjaga tubuh tetap sehat. Untuk berolahraga selama pandemi masyarakat tetap harus menjaga jarak dan menggunakan masker serta mencuci tangan ketika berolahraga di fasilitas umum. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Namun, ada baiknya tetap menjalankan olahraga di rumah untuk meminimalisasi penularan. Beberapa kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah antara lain yoga, push up, jumping jack, aerobik dengan bantuan tutorial video bisa menjadi pilihan.

 Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Menurut The National Institutes of Health (NIH), menyebut, tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. 

Sementara jumlah tidur yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik dan kinerja optimal sebagian besar tergantung pada individu, CDC merekomendasikan orang dewasa usia 18-60 tahun untuk tidur tujuh jam atau lebih per malam.

Diet dan nutrisi

Mempraktikkan disiplin diri dan menghindari "makan secara emosional" karena stres sangatlah penting.  Menurut CDC, makanan utuh seperti sayuran hijau, jeruk dan tomat, bahkan herbal segar sarat dengan vitamin, serat, dan mineral bisa menjadi pilihan. Biasakan untuk mencoba makan makanan bergizi daripada camilan olahan atau makanan cepat saji.

Perawatan diri

Bersikaplah suportif dan sarankan hal yang sama untuk orang-orang yang dekat dengan Anda.  Meditasi, relaksasi, waktu berkualitas bersama keluarga, perawatan pribadi dapat  meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pemeliharaan perawatan kesehatan

Jika Anda memiliki obat yang diresepkan untuk kondisi apa pun, pastikan untuk meminumnya seperti yang diarahkan oleh dokter.  Kondisi kronis seperti hipertensi, diabetes, asma dan banyak lainnya harus diawasi dengan minum obat sesuai resep.  

Pastikan untuk menghubungi tim perawatan kesehatan Anda dengan masalah apa pun juga.  Di era COVID-19, solusi telehealth tersedia jika Anda ingin berbicara dengan penyedia tentang masalah kesehatan.

Salah satunya aplikasi Pulse by Prudential (Pulse) untuk membantu pengguna mengelola kesehatan dengan mudah. Aplikasi kesehatan ini merupakan aplikasi all-in-one yang didukung oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan informasi real-time.

Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia, mengungkapkan, dr. Dian Budiani, aplikasi ini membantu medukungan masyarakat di setiap tahap perjalanan kesehatan. Dalam hal mencegah penyakit (Prevent) agar tetap sehat, serta menunda penyakit semakin memburuk (Postpone), kata dia melalui keterangannya. 

Beberapa fitur menarik yang ada di aplikasi ini antara lain,  dapat mengetahui kalori yang di konsumsi hanya dengan memfoto makanan, sekaligus mencatatnya ke dalam jurnal.

Dengan begitu pengguna dapat mengetahui progress dalam perjalanan menuju tujuan kesehatan. Selain itu juga, mengetahui kesehatan mata serta tingkat saturasi oksigen dalam darah hanya dengan merekam video selfie yang kemudian akan dianalisis dengan teknologi kecerdasan buatan.

Melalui aplikasi ini juga pengguna bisa mendapatkan gambaran umum kondisi kesehatan mereka serta pemahaman lebih baik tentang gejala penyakit yang dikhawatirkan dan mengarahkan pengguna untuk mendapatkan penanganan yang sesuai kepada petugas kesehatan. Kedua hal ini dimungkinkan berkat dukungan dari AI yang didukung oleh Babylon.

Atasi stres dan kecemasan

Atasi secara positif stres dan kecemasan yang disebabkan oleh tindakan pencegahan baru yang sekarang harus kita lakukan untuk memerangi penyebaran COVID-19 di komunitas.  

Mekanisme penanggulangan positif akan mencakup olahraga, meditasi, membaca, mengembangkan keterampilan atau hobi tertentu, dan lainnya.

Gunakan era ini untuk meningkatkan pengulangan harian Anda dari kegiatan positif ini dan mengembangkan rutinitas baru atau bahkan lebih baik daripada yang mungkin Anda ikuti sebelum munculnya  pandemi COVID-19 saat ini.

Tetap terhubung

Berbicara dengan orang yang dicintai saat terisolasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan perasaan sedih.  Luangkan waktu untuk memanfaatkan banyak teknologi dan aplikasi (banyak yang gratis) yang dapat membantu Anda tetap berhubungan dengan orang yang Anda cintai.  

Kehidupan sibuk kita sebelum COVID-19 mungkin telah membatasi seberapa sering kita terhubung dengan orang-orang terkasih yang jauh, sekaranglah waktunya untuk sepenuhnya memanfaatkan kemampuan modern ini untuk itu. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya