Survei: 54 Persen Orang Percaya Pasien COVID-19 Bisa Pulih

Virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Di masa pandemi virus corona atau COVID-19, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga saja tidak cukup untuk meningkatkan imunitas. Untuk itu, konsumsi vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus. 

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Berkaitan dengan hal tersebut, Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) melakukan donasi dan edukasi kepada 120 warga di fasilitas umum (fasum) lingkungan RW 06 Depok 2 Tengah, Kecamatan Mekarjaya, Depok, pada Minggu 15 November 2020. 

Berdasarkan hasil uji petik (sampling) kerja sama JPKM dan mahasiswi Universitas Al-Azhar, sekitar 69 persen warga penerima donasi sangat setuju mengonsumsi vitamin dapat memperkuat imunitas tubuh.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Sementara itu, sekitar 31 persen warga hanya menyatakan setuju mengonsumsi vitamin dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, hal yang menarik adalah sekitar 63 persen warga sangat mengetahui pentingnya memiliki pikiran positif untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lalu, sekitar 37 persen, mengaku sudah mengetahui tentang cara meningkatkan imunitas tubuh.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Dari hasil uji petik tersebut, mayoritas warga juga mengetahui bahwa seseorang yang terpapar COVID-19 dapat dipulihkan. Dari total responden, sekitar 46 persen sangat setuju tentang hal itu dan selebihnya sekitar 54 persen mengaku setuju.

"Terima kasih kepada warga RW 06 yang sudah menyambut kami dan JPKM. Tapi yang terpenting adalah semangat menghadapi COVID-19 dengan perilaku peduli protokol kesehatan. Saya surprise dengan JPKM dan Al-Azhar bahwa sekitar 69 persen warga sangat setuju mengonsumsi vitamin untuk memperkuat imunitas tubuh," ujar CSR Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat, dalam sambutannya. 

Rouli berharap kepada semua masyarakat untuk menularkan semangat positif agar dapat meningkatkan imunitas kepada masyarakat.

"Berita positif bisa membuat gembira. Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi langkah kecil untuk perubahan ke depan," kata dia. 

Sementara itu, Corporate Secretary PT Phapros Tbk, Zahmilia Akbar, mengatakan, pandemi COVID-19 banyak memberikan pelajaran bagaimana menjaga imunitas dan menerapkan protokol kesehatan dengan positive mindset. 

"Tetap memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan positive mindset," ujar dia.

Ketua JPKM, Irwen Azhari menambahkan, JPKM tidak hanya melakukan donasi kepada 120 warga, melainkan juga kepada sekitar 60 pekerja media. "Kami berharap warga dan pekerja media bisa meningkatkan imunitas tubuh, selain menerapkan protokol kesehatan," tutur Irwen.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya