Kabar Baik, Vaksin Corona Moderna Tunjukkan Efektivitas 94 persen

Ilustrasi Vaksin COVID-19.
Sumber :
  • Dok. KPC-PEN

VIVA – Kabar kembali datang di tengah pandemi COVID-19. Usai Pfizer, Senin 16 November, perusahaan Moderna Inc mengumumkan bahwa calon vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan memiliki efektivitas hingga 94,5 persen dalam mencegah COVID-19. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Data tersebut berdasarkan pada hasil sementara uji klinis tahap akhir terhadap 30 ribu relawan. Analisis sementara Moderna itu didasarkan pada 95 infeksi di antara peserta uji coba yang menerima plasebo atau vaksin. 

Dari jumlah tersebut, hanya lima infeksi terjadi pada mereka yang menerima vaksin, yang diberikan dalam dua suntikan dengan selang waktu 28 hari.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

95 kasus COVID-19 termasuk beberapa kelompok kunci yang berisiko tinggi untuk penyakit parah, termasuk 15 kasus pada orang dewasa berusia 65 ke atas dan 20 pada peserta dari kelompok yang berbeda ras.

Data dari 30.000 peserta uji Moderna juga menunjukkan vaksin mencegah kasus COVID-19 parah, pertanyaan yang masih tersisa dengan vaksin Pfizer. Dari 95 kasus dalam uji coba Moderna, 11 kasus parah dan 11 kasus terjadi di antara relawan yang mendapat plasebo.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Kami akan memiliki vaksin yang dapat menghentikan COVID-19," kata presiden Moderna Stephen Hoge dalam wawancara telepon yang dikutip dari laman Asiaone.

Moderna, yang merupakan bagian dari program Operation Warp Speed ??pemerintah AS, mengharapkan untuk memproduksi sekitar 20 juta dosis vaksin untuk AS tahun ini, jutaan di antaranya telah dibuat oleh perusahaan, dan siap untuk dikirim jika menerima otorisasi FDA.

"Dengan asumsi kami mendapatkan otorisasi penggunaan darurat, kami akan siap untuk mengirimkan melalui Warp Speed ??hampir dalam beberapa jam. Jadi itu bisa mulai didistribusikan secara instan," kata Hoge. 

Bersama dengan vaksin Pfizer Inc, juga terbukti lebih dari 90 persen efektif, dan menunggu lebih banyak data keamanan dan tinjauan peraturan, Amerika Serikat dapat memiliki dua vaksin yang disahkan untuk penggunaan darurat pada bulan Desember dengan sebanyak 60 juta dosis vaksin tersedia oleh  akhir tahun.

Untuk diketahui, Moderna telah menerima hampir US$1 miliar dana penelitian dan pengembangan dari pemerintah AS dan memiliki kesepakatan senilai US$1,5 miliar untuk 100 juta dosis. Pemerintah AS juga memiliki pilihan untuk US$400 juta.

Perusahaan berharap dapat menghasilkan  500 juta hingga satu miliar dosis pada 2021, terbagi antara AS dan situs manufaktur internasional dan sebagian bergantung pada permintaan.

Pemerintah AS, mengatakan vaksin COVID-19 akan diberikan gratis kepada orang Amerika, baik mereka yang memiliki asuransi kesehatan, maupun yang tidak diasuransikan atau mereka yang dilindungi oleh program kesehatan pemerintah seperti Medicare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya