Lakukan Hal Ini, Anda Bisa Langsung Tidur dalam 60 Detik

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

VIVA – Tidur yang cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

Produk UMKM Bakal Go Global Dijual Pakai Vending Machine BUMN

Namun tidak sedikit dari kita yang kesulitan untuk tidur lebih cepat. Tidak sedikit dari kita yang berusaha terlalu keras untuk tidur, namun hal itu dapat membuat Anda menjadi cemas dan membuat pikiran tetap terjaga.

Ketika pikiran Anda tidak bisa tidur, tubuh juga tidak mungkin tidur. Tetapi ada beberapa trik ilmiah yang dapat memandu tubuh Anda untuk memudahkan Anda tidur.

Ngeri, Ustaz Faizar Yakin Ada yang Kena Sihir Usai Dengar Cerita Keluarga Lala

Berikut 3 cara mudah yang akan membuat Anda tertidur dalam waktu singkat seperti dilansir dari laman Times of India:

1. Tidur dalam 10 detik
Tertidur dalam 10 detik terdengar seperti mantra sihir. Tetapi dengan latihan, Anda akhirnya bisa membiasakannya. Metode ini membutuhkan waktu 120 detik penuh untuk tidur tetapi 10 detik terakhir benar-benar yang diperlukan untuk akhirnya tertidur. Metode tersebut dinamakan metode militer.

Waskita Karya Ungkap Strategi Penyehatan Bisnis

Metode militer
Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat membuat rutinitas untuk membantu pilot tertidur kurang dari 2 menit. Metode ini juga dapat berhasil bahkan setelah minum kopi dan bahkan dengan suara petasan.

Latihan ini dikatakan berhasil bahkan untuk orang yang perlu tidur sambil duduk. Lalu bagaimana caranya?
Langkah 1: Rilekskan wajah Anda termasuk otot bagian dalam mulut Anda.
Langkah 2: Lepaskan ketegangan dari bahu Anda dan rebahkan di samping tubuh Anda.
Langkah 3: Rilekskan dada Anda diikuti dengan merilekskan paha, betis, dan kaki Anda.
Langkah 4: Bayangkan pemandangan yang menenangkan dan bersihkan pikiran Anda.
Langkah 5: Jika Anda tidak dapat membayangkan sebuah adegan, katakan pada diri Anda sendiri, 'jangan berpikir' berulang-ulang selama 10 detik.

2. Tidur dalam 60 detik
Metode pernapasan 4-7-8 membantu Anda tertidur dalam waktu 60 detik. Metode ini bekerja dengan memadukan kekuatan meditasi dan visualisasi. Namun perlu diingat, jika Anda memiliki masalah pernapasan, tanyakan kepada dokter Anda sebelum mencoba teknik ini karena ini dapat memperburuk gejala Anda.

Lalu bagaimana melakukan pernapasan 4-7-8?
Langkah 1:
Untuk melakukan teknik ini, letakkan ujung lidah Anda di langit mulut, di belakang gigi depan Anda. Tutupi bibir dan pertahankan lidah Anda seperti itu sepanjang waktu.
Langkah 2: Biarkan bibir Anda sedikit terbuka dan buat suara mendesing saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.
Langkah 3: Tutup bibir, tarik napas tanpa suara melalui hidung dan hitung sampai 4 di kepala Anda.
Langkah 4: Tahan napas selama 7 detik, buang napas dengan suara mendesing selama 8 detik.
Langkah 5: Jangan mencoba terlalu waspada saat berlatih teknik pernapasan.
Langkah 6: Ulangi cara ini sebanyak empat kali. Santai dan biarkan tubuh Anda tidur jika Anda merasa bahwa tidur datang lebih awal dari yang diantisipasi.

3. Tidur dalam waktu 120 detik
Jika dua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda perlu mencoba metode tetap terjaga. Sering juga disebut sebagai niat paradoks, menyuruh diri sendiri untuk tetap terjaga bisa menjadi cara mudah untuk tertidur.

Bagi orang yang mengalami masalah tidur, berusaha keras untuk tidur dapat meningkatkan kecemasan dan membuat mereka susah tidur. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berpartisipasi dalam niat paradoks tertidur lebih cepat daripada orang yang tidak berpartisipasi.

Berusaha keras untuk tetap terjaga bisa membuat Anda tidur dalam waktu kurang dari dua menit. Jika Anda sering stres saat mencoba tidur, cobalah untuk tetap terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya