Peduli COVID-19, Ribuan Anak Kampanyekan 3M

Ilustrasi anak memakai masker.
Sumber :
  • Pexels/ketut subiyanto

VIVA – Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan, salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, dengan menerapkan 3M. Yaitu, memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Untuk menurunkan jumlah kasus virus corona atau COVID-19 di Indonesia, dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak untuk melakukan pencegahan, dimulai dari keluarga sebagai garda terdepan.

Dalam rangka ikut membantu kampanye menerapkan protokol COVID-19 pada keluarga dan masyarakat, Ye Vian Quah, Head of Bebelac, meluncurkan kampanye #PesanAnakHebat, untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan benar, ketika keluar rumah dan mengingatkan anak-anak agar tetap berada di rumah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Hasil Tes Negatif Tak Jamin Bebas COVID-19, Ini Penjelasannya

"Kampanye #PesanAnakHebat menampilkan anak-anak yang sadar akan suatu masalah dan memiliki kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Mereka pun melakukan tindakan dengan mengingatkan orang lain agar menggunakan masker selama pandemi COVID-19," ujarnya saat Peluncuran Kampanye #PesanAnakHebat dari Bebelac, belum lama ini. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ye Vian menambahkan, kampanye ini bertujuan untuk mendukung meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pesan-pesan bijaksana dan kreatif yang dibawakan oleh anak-anak hebat, mengedukasi terkait protokol kesehatan yang tepat, serta cara penggunaan masker yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai konten di media sosial.

"Kampanye #PesanAnakHebat juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang bukan hanya wajib dilakukan, namun harus memenuhi standar juga. Seperti, memakai masker yang benar dengan menutup hidung dan mulut, tidak sering memegang permukaan masker ketika dipakai, serta pentingnya mengganti masker selama empat jam sekali," lanjut dia. 

Ye Vian menjelaskan, rangkaian kegiatan kampanye ini dilakukan melalui kompetisi Kampanye #PesanAnakHebat yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, dengan mengajak para ibu untuk membuat video anak yang melakukan sosialisasi cara menggunakan masker yang benar, mencuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak saat ke luar rumah.

“Kampanye ini mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat. Dalam kurun waktu 2 minggu, kami mengumpulkan lebih dari 1200 post dari anak-anak di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa banyak anak-anak yang ingin mendukung untuk memberikan edukasi kepada masyarakat," kata dia. 

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia, turut menyatakan komitmennya untuk ikut mengedukasi masyarakat dalam mengikuti prokotol kesehatan yang benar. 

"Menjaga kesehatan di masa sekarang, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan, serta sejalan dengan penerapan gizi seimbang dan melakukan pola hidup bersih dan sehat," kata dia. 

Arif berharap, kampanye ini dapat memberikan kepedulian nyata agar masyarakat tak bosan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi. 

"Karena pendekatan yang dilakukan melalui sosok anak-anak, merupakan pendekatan yang lebih mengena dan mudah dikomunikasikan. Mengingat keluarga adalah salah satu elemen kelompok masyarakat terkecil yang menjadi garda terdepan dalam pembentukan edukasi. Yaitu mulai dari rumah," pungkas Arif Mujahidin.

Baca juga: Cara Bedakan Sakit Kepala Biasa dan Gejala COVID-19

Seperti diketahui, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya