5 Manfaat Daun Meniran, Atasi Diare Hingga Cegah Diabetes

Daun meniran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meniran hijau merupakan salah satu tanaman tropis yang kerap dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Bukan sekadar hiasan, nyatanya daun meniran ini mampu menjaga kesehatan tubuh bahkan mengatasi penyakit yang cukup berbahaya.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar herbal dr. Afifah Felani M.Si menuturkan bahwa daun meniran biasanya tumbuh di daerah tropis khususnya area pantai. Daun meniran sendiri cukup banyak mengandung zat berkhasiat yang ampuh untuk atasi penyakit.

Lantas, apa saja manfaat daun meniran yang baik untuk tubuh? Berikut rangkumannya dikutip dari acara Hidup Sehat, di TvOne.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Imunitas

Faktanya, daun meniran kaya akan komponen antioksidan. Sebut saja flavon sebagai bahan penangkal radikal bebas sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan lain di dalamnya bersifat sebagai immunodulator untuk mempertahankan imunitas tubuh.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Diare

Sifat kandungan di daun meniran sendiri sebagai zat untuk atasi gangguan pada usus besar. Biasanya, gangguan tersebut berupa diare yang mampu diatasi dengan meminum air rebusan daun meniran.

Cegah kanker

Pada dasarnya, ekstrak daun meniran ini mampu melawan sel yang tumbuh tak normal, biasanya memicu perkembangan kanker. Salah satu komponennya sendiri bereaksi cepat dalam melawan sel kanker yang tumbuh di organ hati.

Hipertensi dan diabetes

Studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi rutin air rebusan daun meniran mampu menurunkan tekanan darah sebesar 20 mmHg. Ekstrak dari daun meniran juga mampu menurunkan gula darah sehingga mencegah diabetes.

Resep daun meniran

Siapkan 2 gelas (400gr) air dan 20 batang (3gr) daun meniran. Rebus air hingga mendidih lalu tuang daun meniran 5 menit. Minum 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal serta jalankan pola hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya