Penderita Diabetes Wajib Minum Teh Hijau Tiap Hari, Ini Khasiatnya

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Seorang pasien diabetes setiap harinya harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Ini harus dilakukan untuk menghindari meningkatnya kadar gula darah yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Makanan yang mereka makan pada umumnya harus rendah kalori dan harus rendah karbohidrat, tetapi dalam hal minuman harus mengandung nol atau sangat sedikit kalori.

Selain air mineral, minum teh hijau juga bisa menjadi pilihan. Sebab, teh hijau mengandung antioksidan, polifenol dan flavonoid, yang membuatnya menjadi minuman menyehatkan. Hal ini juga telah didukung sejumlah penelitian yang menyebut teh hijau memiliki keefektifan dalam mengelola gejala diabetes.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Baca Juga: Sebabkan Perdarahan, Orang dengan Kondisi Ini Jangan Minum Teh Hijau

Dilansir dari laman Times of India, Senin, 23 November 2020, beberapa penelitian telah dilakukan untuk memahami efek teh hijau pada orang yang menderita diabetes tipe 2, diketahui kebanyakan dari mereka menunjukkan hasil yang positif.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Telah disaksikan bahwa teh hijau, dapat menurunkan risiko terkena diabetes bahkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada masyarakat Jepang, orang yang minum teh hijau sebanyak enam cangkir atau lebih dalam sehari memiliki kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2 sebesar 33 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang lain.

Namun, manfaat minum teh hijau tidak hanya sebatas ini. Menurut penelitian lain, minuman ini dapat menjaga kadar gula darah Anda dan mencegah gejalanya memburuk.

Konsumsi teh hijau secara teratur menurunkan kadar glukosa puasa dan kadar insulin puasa, yang merupakan dua parameter dasar yang digunakan untuk mengukur kesehatan diabetes.

Mengapa? Sebab, teh hijau mengandung antioksidan polifenol dan polisakarida.  Kedua antioksidan ini juga efektif untuk mengatur tingkat tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Teh hijau itu sehat dan tidak diketahui memiliki efek samping pada pasien yang menderita diabetes.  Tetapi Anda perlu berhati-hati dengan konsumsinya karena teh hijau mengandung sedikit kafein. Bagi pasien diabetest, dianjurkan untuk minum teh hijau 2-3 kali sehari.

Untuk manfaat kesehatan yang maksimal, jangan menambahkan gula ke teh hijau Anda. Teh hijau tanpa pemanis lebih sehat. Untuk membuatnya terasa lebih enak, Anda bisa menambahkan air perasan lemon atau daun mint.

Selain itu, jangan menyeduh teh hijau lebih dari 2-3 menit karena minuman Anda akan terasa pahit.  Kemudian, pilih daun teh hijau langsung dibanding teh hijau celup untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya