Ini Jenis Kanker Paru yang Paling Banyak Menyerang Perokok

kanker paru-paru.
Sumber :
  • www.medis.web.id

VIVA – Berdasarkan penelitian, sedikitnya 80-90 persen kematian akibat kanker paru di dunia disebabkan oleh asap rokok. Namun, selain berbahaya bagi perokok aktif, asap rokok juga merugikan perokok pasif. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Ketua Pokja Kanker Paru Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Prof. dr. Elisna Syahruddin, PhD, Sp.P(K), menjelaskan, kanker paru terbagi menjadi dua jenis, yakni kanker paru sel kecil (KPKSK) atau small cell lung cancer (SCLC), dan kanker paru bukan sel kecil (KPBSK) atau non-small cell lung cancer (NSCLC). 

Jenis kanker NSCLC atau KPBSK terbagi dalam banyak jenis, tetapi yang terbanyak adalah tiga jenis sel kanker paru, yakni adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel besar.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

"Jenis kanker paru yang terbanyak pada perokok aktif maupun pasif adalah kanker paru bukan sel kecil (KPBSK), khususnya adenokarsinoma. Sel kanker tersebut berkembang di dalam jaringan saluran napas (epitel bronkus) dan menginvasi jaringan sekitar. Bahkan menyebar ke organ lain sekitar rongga toraks hingga organ yang jauh melalui darah dan kelenjar limpa," ujarnya saat Edukasi Media Virtual #LUNGTalk, yang digelar Gerakan Nasional Indonesia Peduli Kanker Paru, Senin 23 November 2020. 

Lebih lanjut, Profesor Elisna menjelaskan, untuk pilihan terapi yang tepat di samping jenis sel kanker, ukuran tumor, keterlibatan kelenjar limpa dan penyebaran ke organ jauh, perlu dipastikan. Bahkan terapi terkini membutuhkan tes molekuler untuk pilihan obat yang spesifik (terapi target). 

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

"Pada perokok pasif terutama perempuan, sering ditemukan jenis adenokarsinoma dengan mutasi gen EGFR," tutur dia. 

Dengan demikian, menurut Elisna, usaha untuk membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh pasien, kadang bersifat lebih individual (tailor made)

"Meskipun pada dasarnya pasien kanker paru kadang harus menjalani berbagai pengobatan untuk mengalahkan sel kanker yang ada di dalam tubuhnya," kata Prof. dr. Elisna Syahruddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya