Penderita Diabetes Harus Minum Teh Hijau, Ini Alasannya

Teh hijau
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kehidupan seorang pasien diabetes adalah tentang mengatur kadar gula darahnya. Penting untuk memperhatikan apa yang mereka makan dan minum untuk mengelola gejala diabetes dan menjalani hidup sehat.

Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Makanan yang dimakan pada umumnya harus rendah kalori (dan harus rendah karbohidrat), tetapi dalam hal minuman harus mengandung nol atau sangat sedikit kalori.

Minuman yang sangat cocok dengan kriteria ini adalah teh hijau. Tanpa pemanis, rendah kalori dan dikemas dengan antioksidan, polifenol, dan flavonoid, teh hijau adalah minuman yang benar-benar menyehatkan dan telah didukung bahkan oleh sains karena keefektifannya dalam mengelola gejala diabetes.

Pencernaan Lancar, Rahasia Penampilan Terkini Ruben Onsu

Lalu, mengapa penderita diabetes harus beralih ke teh hijau? Dilansir dari Times of India, berikut penjelasannya. 

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk memahami efek teh hijau pada orang yang menderita diabetes tipe 2 dan Anda akan terkejut mengetahui bahwa kebanyakan dari mereka menunjukkan hasil yang positif.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Telah disaksikan bahwa teh hijau, dapat menurunkan risiko terkena diabetes bahkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada populasi Jepang, orang yang minum enam cangkir atau lebih teh hijau dalam sehari memiliki kemungkinan 33 persen lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang lain. 
Namun manfaat minum teh hijau tidak hanya sebatas ini. Menurut penelitian lain, minuman ini dapat menjaga kadar gula darah dan mencegah gejalanya memburuk.

Asupan teh hijau secara teratur menurunkan kadar glukosa puasa dan kadar insulin puasa, yang merupakan dua parameter dasar yang digunakan untuk mengukur kesehatan diabetes. Manfaat teh hijau terutama karena aktivitas antioksidan polifenol dan polisakarida. Kedua antioksidan ini juga efektif untuk mengatur tingkat tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Berapa banyak teh hijau yang dapat diminum dalam sehari? Teh hijau itu sehat dan tidak diketahui memiliki efek samping pada pasien yang menderita diabetes. Tetapi perlu berhati-hati dengan asupan Anda karena mengandung sedikit kafein. Anda bisa minum teh hijau 2-3 kali sehari.

Untuk manfaat kesehatan yang maksimal, jangan menambahkan gula ke minuman Anda. Teh hijau tanpa pemanis lebih sehat. Untuk membuatnya terasa lebih enak Anda bisa menambahkan jus lemon atau daun mint.

Jangan menyeduh teh hijau lebih dari 2-3 menit karena minuman Anda akan terasa pahit. Selain itu, pilih daun teh hijau lepas di atas kantong teh untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya