Keasyikan Main Gawai Bisa Picu Jari Membengkak

Ilustrasi wanita bermain handphone.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Tak dipungkiri, banyak hal seru dan mengasikan yang ditawarkan dari gawai seperti permainan hingga aplikasi media sosial yang viral. Dibalik itu, sebagian masyarakat kerap mengacuhkan kesehatan tulang tubuh saat berjam-jam memegang gawai.

Ngantuk tapi Dilarang Berhenti di Bahu Jalan Tol dan Rest Area Penuh, Apa yang harus Dilakukan?

Jari tangan menjadi organ utama di tubuh yang berperan penting dalam memegang banyak barang termasuk gawai. Ketika bermain game atau media sosial pun, ibu jari bertugas besar dalam memencet tombol. Tanpa disadari, jari bisa terasa nyeri hingga membengkak.

"Gerakan berulang pada jempol bisa memicu peradangan di uratnya. Itu namanya tendon. Bergerak terus jadi radang dan kalau ditekan bisa nyeri," ujar Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dr Ibrahim Agung, Sp.KFR, dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

Tak Cuma Ikonik, Rest Area Heritage KM260B Siap Beri Layanan Pijat Gratis Bagi Pemudik

Usai meradang, sebaiknya jari dan tangan diistirahatkan dari memainkan gawai. Apalagi ibu jari yang kerap menekuk saat memencet, sebaiknya tidak menyentuh apapun dulu. Jika dibiarkan, kondisinya bisa semakin parah.

"Mungkin ibu jari bisa nyangkut atau posisinya tidak bisa lagi menekuk, ini jangan juga dipaksakan kerja dan terus menerus, bisa bengkak," tuturnya.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Untuk itu, sebaiknya istirahatkan jari lalu beri pijatan ringan di sekitar ibu jari. Tekan lembut tepat di garis pangkal ibu jari sampai terasa sedikit ngilu. Bisa beri tambahan kompres es batu agar sendi dan otot yang radang bisa mereda.

"Butuh waktu 1-2 minggu istirahat dulu. Bisa juga modivikasi mengetik dengan cara lain dengan tidak menekuk jempol. Bisa beri obat anti radang dan nyeri. Tp pastikan tetap istirahat," kata dia.
 

Ilustrasi kacamata.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Mata minus atau disebut juga miopia, adalah kondisi di mana mata tidak dapat fokus pada objek yang jauh dengan jelas. Ini umum terjadi dan bisa memengaruhi kualitas hidup

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024