5 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Makan Telur untuk Turunkan BB

Telur
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ketika kita berbicara tentang makanan penurun berat badan yang kaya protein, telur adalah salah satu makanan pertama yang dipercaya untuk menurunkan berat badan. Sangat serbaguna, mudah dimasak, mengenyangkan dan dikemas dengan nutrisi, semua faktor ini membuat telur menjadi bagian penting dari diet penurunan berat badan. 

Daftar Harga Pangan 18 Maret 2024: Daging Sapi hingga Minyak Goreng Curah Naik

Selain itu, mereka membantu meningkatkan metabolisme, yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi penurunan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan dapat membantu orang menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan makanan lain. 

Ini 16 Kejanggalan dalam Potret Terbaru Kate Middleton

Namun untuk memaksimalkan manfaat dari makanan yang sangat sehat ini, Anda perlu mengonsumsinya dengan benar. Bahkan membuat kesalahan paling sederhana saat memasaknya dapat menurunkan manfaat kesehatannya yang manjur. Berikut adalah lima kesalahan umum yang sering dilakukan kebanyakan orang dilansir dari Times of India.

Membuang kuning telur

7 Tips Diet di Bulan Puasa, Gak Boleh Minum Selain Air Putih!

Ada kesalahpahaman umum bahwa bagian kuning telur sarat dengan lemak tidak sehat, oleh karena itu kebanyakan orang biasanya membuangnya dari makanan mereka. Kuning telur memang tinggi kolesterol, tapi itu tidak meningkatkan kadar kolesterol seperti yang dilakukan lemak trans dan lemak jenuh. 

Selain itu, ia dikemas dengan nutrisi sehat seperti vitamin B2, B12 dan D dan mineral seperti folat, fosfor, selenium, kalsium dan seng. Membuang bagian kuning akan menghilangkan semua mikronutrien ini.

Tidak menggunakan minyak yang tepat saat memasak telur

Kita semua memiliki preferensi dalam hal telur. Beberapa dari kita menyukai telur orak-arik yang dimasak dengan mentega, sementara yang lain menyukai telur rebus sederhana. Rasa memang penting, tapi begitu juga jenis lemak yang Anda gunakan untuk memasak telur. 

Lemak jenuh  dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti serangan jantung dan kolesterol tinggi. Cara terbaik adalah menggunakan alternatif sehat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

Salah memasangkannya

Untuk membuat makanan Anda lebih sehat dan ramah penurunan berat badan, pasangkan telur dengan makanan yang benar. Sayuran cocok dengan telur. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan sayuran dan menambahkan beberapa serat dan nutrisi ekstra ke dalam makanan. 

Bayam, tomat, dan jamur adalah beberapa sayuran pelengkap telur yang bagus. Ini juga akan membantu membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Jika terlalu matang

Kesalahan umum lainnya yang dilakukan orang adalah ketika telurnya terlalu matang. Secara umum, waktu memasak telur sangat sedikit. Memasak terlalu lama atau memasak dengan suhu tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan penurunan beberapa nutrisi. 

Vitamin A dan antioksidan adalah dua nutrisi pertama yang hilang selama seluruh proses. Selain itu, jika terkena suhu tinggi, kolesterol dalam telur dapat teroksidasi dan menghasilkan senyawa yang disebut oksisterol, yang diketahui berbahaya bagi kesehatan jantung.

Tidak menghitung kalori dengan benar

Jika mencoba mengurangi berat badan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan cara menyiapkan telur. Pilihan memasak rendah kalori akan membantu menjaga jumlah kalori tetap terkendali dan akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. 

Photo :
  • Times of India

Dari semua olahan telur, telur rebus dan rebus adalah dua cara terbaik untuk mendapatkan telur saat mencoba mengurangi berat badan. Metode memasak ini tidak menambahkan kalori lemak ekstra ke makanan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya