Nyeri Haid Hilang Pasca Menikah, Ini Kata Dokter

Sakit saat haid
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Nyeri yang terasa di sekitar perut dan pinggang kerap dikeluhkan oleh sebagian besar wanita saat menstruasi tiba. Mitos yang beredar pun mengaitkan bahwa pasca menikah, nyeri haid bisa berkurang bahkan hilang. Benarkah?

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Kartika Cory, SpOG, mengatakan hal itu tidak sepenuhnya benar. Menurutnya, nyeri haid bisa mereda usai menikah lantaran mengalami kehamilan secara alami.

"Mitos itu ada benar dan tidaknya. Nyeri saat haid itu, sebelum nikah misal nyeri banget pas masih gadis, lalu setelah hamil akan berkurang. Kalau nyeri haid akibat endometriosis, misal sudah hamil secara alami, endometriosis itu diserap oleh tubuh sendiri," katanya dalam diskusi virtual #HaloTalks Vol. 4 bertajuk “Mencatat Periode Menstruasi: Hal Mudah, Berdampak Besar”, Rabu, 25 November 2020.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini membuat rasa sakit luar biasa, khususnya saat menstruasi. Dituturkan dokter Kartika, kehamilan membuat jaringan di rahim menguat.

"Hamil dengan sendirinya membuat tubuh lebih kuat menyerap sel endometriosis tadi," tuturnya.

Ruben Onsu Tes Kesehatan Sampai 48 Kali, Curiga Ada yang Janggal Sama Penyakitnya

Meski begitu, beragam faktor lain bisa memicu nyeri haid seperti konsumsi makanan tertentu. Jenis makanan yang berminyak, asam, dan pedas sebaiknya dihindari untuk mencegah rasa nyeri itu.

"Hindari pedas dan asam. Krn perut misal sakit akibat makan pedas, membuat perut saat haid makin enggak nyaman. Juga, haid membuat produksi asam lambung meningkat sehingga membuat makanan bersifat asam makin mengganggu lambung," katanya.

Nyeri sendi

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Setelah melalui sesi latihan olahraga yang intens, banyak dari kita mungkin mengalami sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness atau DOMS. H

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024