Ibu Positif COVID-19 Boleh Menyusui Bayi, Pahami Petunjuknya

Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 menimbulkan kewaspadaan bagi semua masyarakat. Tidak sedikit dari masyarakat yang mencari informasi mengenai virus corona itu.

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Bukan hanya tentang bagaimana menghindari tertular virus saja, atau bagaimana menjaga daya tahan tubuh saja. Tapi juga apa yang perlu dilakukan jika mereka terpapar COVID-19, termasuk bagi ibu menyusui.

Tidak sedikit dari ibu menyusui yang mempertanyakan apakah mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 masih bisa aman menyusui bayinya.

Heboh, Ramalan Hard Gumay Soal Nagita Slavina Punya Anak Perempuan Jadi Kenyataan

Selain itu, apabila jika mereka menyusui bayi mereka apakah bayi mereka akan tertular juga?

Terkait hal itu, Spesialis Anak Konsultan, Dr. Frieda Handayani, SpA(K) menjelaskan bahwa ibu yang positif COVID-19 tetap bisa menyusui bayi mereka. Namun dengan syarat yakni menerapkan protokol kesehatan.

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya

"Pemberian ASI pada ibu yang menyusui dan mengalami infeksi corona tidak dihentikan tetap dilanjutkan dengan menerapkan protokol kesehatan terutama mencuci tangan dan menggunakan masker saat menyusui bayi," kata dia dalam virtual conference Kalbe, Rabu 25 November 2020.

Selain itu, dijelaskannya, dalam penelitian yang dilakukan hingga saat ini di dalam ASI tersebut virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ini ditemukan dalam jumlah yang sangat kecil. Namun kata dia, tampaknya tidak akan menginfeksi bayi.

"Jadi tetap ibu yang melahirkan dengan positif COVID-19 boleh tetap menyusui bayinya dengan memakai masker," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya