Ini Manfaat Pijat Tangan Pakai Kacang Hijau

Kacang Hijau
Sumber :
  • Pixabay/ Ivabalk

VIVA – Pernahkah kamu mendengar bahwa dengan melakukan pijatan di area punggung tangan, dapat mendeteksi penyakit tertentu? Anggapan ini memang santer terdengar di masyarakat. Tapi, ternyata hal itu hanya mitos belaka. 

Dokter Boyke Ungkap Bahaya Pijat Perbesar Penis, Bisa Sampai Diamputasi

Dokter spesialis akupunktur medik, dr Kemas Abdurrohman, SpAk(K), MARS, M.Kes, menegaskan, mengenali penyakit hanya dengan memijatnya di area punggung tangan sulit dilakukan. Kecuali, jika menggunakan alat-alat tertentu. 

"Kalau menggunakan alat-alat tertentu, alat listrik, namanya ryodoraku atau electrodermal, itu masih bisa untuk mengenali penyakit-penyakit atau membantu diagnostik," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 25 November 2020.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Baca juga: Sembuhkan 7 Penyakit Umum Ini Hanya dengan Pijat Tangan?

Namun, dokter Kemas menjelaskan, melakukan pijatan pada beberapa titik di telapak kaki, telapak tangan dan punggung tangan, dapat membantu meredakan beberapa keluhan kesehatan. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Jadi, bisa membantu untuk mengatasi gejala. Mengatasi kondisi kedaruratan atau karena belum ketemu dokter atau rumah sakit, bisa kita gunakan titik-titik yang ada di telapak kaki atau telapak tangan," lanjut dia. 

Sedangkan, media yang bisa digunakan untuk melakukan pemijatan tersebut adalah kacang hijau atau kacang kedelai. Menurut Kemas, cara ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan stres dan mengatasi sakit kepala, yang erat kaitannya dengan COVID-19. 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan kacang hijau atau kacang kedelai untuk meningkatkan imunitas dan meredakan beberapa gejala kesehatan di atas? 

"Contohnya kita ambil salah satu kacang kedelai. Kita letakkan di titik hegu atau Large Intestine 4 (LI 4), di punggung telapak tangan. Kita tempelkan di sini, kemudian diplester. Bebas bisa menggunakan plester apa saja, tapi plester non alergi lebih bagus," terang dia. 

Setelah kacang hijau atau kedelai ditempel di punggung tangan tepatnya di titik hegu, kemudian lakukan pijatan di area tersebut. 

"Kemudian, dipijit-pijit. Gentle aja mijitnya. Gunanya kedelai di sini untuk membantu pemijatan atau penekanan pada titik spesifik. Ini bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres dan sakit kepala," ujar dr Kemas Abdurrohman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya