8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Pandemi COVID-19

Gigi sehat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Lonjakan kasus COVID-19 di seluruh negeri telah mengubah hidup kita. Setiap kali melangkah keluar rumah, sulit untuk tidak khawatir tertular. Kita semua berusaha sebaik mungkin untuk menghindari tempat dan aktivitas umum yang kemungkinan besar terinfeksi COVID-19 termasuk mengakses layanan perawatan kesehatan dasar seperti klinik gigi

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Bisa jadi, klinik tutup atau orang terlalu takut untuk berkunjung karena dianggap sebagai zona berisiko tinggi. Sudah 10 bukan pandemi dan kebanyakan orang belum dapat melakukan pemeriksaan rutin, yang mengakibatkan kasus gigi tinggi seperti gusi berdarah, sakit gigi, dan bau mulut. 

Masih ada ketidakpastian kapan semuanya akan kembali normal, sehingga satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah menjaga kesehatan gigi Anda di rumah. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Berikut daftar beberapa cara mudah dan pengobatan rumahan untuk menjaga kesehatan gigi selama pandemi dilansir dari Times of India.

Gosok gigi dengan baik

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Untuk menghindari pembentukan plak dan pendarahan, penting untuk menyikat gigi dengan benar dua kali dalam sehari. Menyikat gigi dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan resesi gusi (jaringan gusi di sekitar gigi hilang) dan bau mulut. 

Untuk menghindari masalah dasar ini, penting untuk mempelajari teknik menyikat gigi yang benar. Gerakkan sikat gigi dengan lembut dalam gerakan melingkar untuk menghilangkan plak dan sikat gigi setidaknya selama dua menit.

Benang gigi

Photo :
  • inmagine.com

Selalu siapkan benang gigi, setiap kali merasa ada yang tidak nyaman di gigi setelah menyantap makanan. 

Jangan lupa pembersih lidah

Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menyikat gigi. Mengabaikan langkah penting ini dapat menyebabkan penumpukan plak di lidah Anda, mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap dan masalah kesehatan lainnya. 

Sikat lidah Anda dengan lembut dengan sikat gigi atau gunakan pengikis lidah untuk menghilangkan plak.

Jangan melewatkan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur setelah menyikat membantu memutihkan gigi dan menghilangkan bakteri dari mulut. Ini menghilangkan karang gigi yang tertinggal, plak dan mencegah radang gusi, yang merupakan penyakit gusi tahap awal. 

Photo :
  • Freepik

Anda dapat menggunakan obat kumur atau mencoba oil pulling dengan minyak kelapa. Keduanya merupakan cara efektif untuk mengekang pertumbuhan bakteri di mulut.

Minum air

Minum air dalam jumlah yang cukup dalam sehari penting untuk tubuh Anda termasuk kesehatan gigi. Asupan cairan yang cukup membilas mulut dan membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Selain itu dapat mengurangi risiko kerusakan gigi dan meningkatkan produksi air liur.

Meningkatkan asupan vitamin C untuk gusi yang sehat

Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi. Makan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C seperti tomat, gooseberry India dan jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gigi selama ini.

Cengkih untuk sakit gigi

Jika Anda mengalami sakit gigi maka gunakan cengkih untuk meredakannya. Ambil 2-3 siung dan taruh langsung di gigi penyebab sakit. 

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan anestesi pada cengkih akan langsung menyembuhkan sakit gigi Anda. Anda juga bisa mengoleskan minyak cengkih pada gusi dan gigi.

Kantong teh peppermint untuk gigi sensitif

Untuk menenangkan gusi sensitif, teh peppermint adalah pengobatan rumahan yang efektif. Masukkan kantong teh ke dalam air panas selama 5 menit lalu biarkan dingin. Oleskan ke area yang terkena saat sedikit hangat. 

Anda juga bisa meletakkan kantong teh dan dinginkan, kemudianmelakukan hal yang sama. Ini juga efektif saat Anda mengalami pendarahan pada gusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya