Maradona Meninggal, Kenali 4 Tanda Serangan Jantung

Seorang pria terkena serangan jantung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kabar duka menyelimuti dunia olahraga. Pesepakbola legendaris Maradona menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 25 November 2020. Dokter menduga penyebab kematian Maradona akibat serangan jantung.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Riwayat kesehatan pesepakbola asal Argentina itu memang pernah dikabarkan mengalami perdarahan otak, namun sembuh dengan sendirinya. Dua pekan lalu, Maradona keluar dari rumah sakit. Dia kembali ke rumahnya untuk melakoni pemulihan.

Rabu 25 November 2020, kesehatan Maradona menurun drastis. Hingga pada malam harinya WIB, pengacara Maradona menyatakan kliennya meninggal karena serangan jantung.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Dilansir Give Me Sports, eks pemain Barcelona dan Napoli tersebut sempat mendapatkan pertolongan pertama. Namun, nyawanya sudah tak tertolong lagi. Dari keterangan dokter, Maradona ternyata sudah wafat sebelum mereka tiba di rumahnya, kawasan Tigre.

Lantas, apakah serangan jantung bisa dicegah? Adakah tanda khusus sebelum serangan jantung menyergap?

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Jawabannya, ya, serangan jantung bisa dicegah dengan mengenali gejala khasnya. Jangan menunggu untuk mendapatkan bantuan jika Anda mengalami salah satu dari tanda peringatan serangan jantung berikut. 

Beberapa serangan jantung terjadi secara tiba-tiba dan intens. Tetapi kebanyakan mulai perlahan, dengan rasa sakit atau ketidak nyamanan ringan. Perhatikan tubuh Anda dan hubungi rumah sakit terdekat jika Anda mengalami hal di bawah ini

Rasa tidak nyaman di dada

Kebanyakan serangan jantung melibatkan ketidak nyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit. Atau mungkin hilang dan kemudian kembali lagi. 

Rasa penuh di area tubuh lain

Bisa terasa seperti tekanan tidak nyaman, tekanan, rasa penuh atau nyeri, ketidak nyamanan di area tubuh lain. Biasanya, rasa tersebut akan cenderung di bagian atas tubuh seperti menjalar. Gejala dapat berupa nyeri atau ketidak nyamanan pada salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut. 

Sesak napas

Ini dapat terjadi dengan atau tanpa ketidak nyamanan di dada. Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk keluar keringat dingin, mual atau pusing.

Gejala bervariasi antara pria dan wanita

Seperti pada pria, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada atau ketidak nyamanan di dada. Tetapi wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual atau muntah, dan nyeri punggung atau rahang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya