5 Cara Aman Saat di MRT Selama Pandemi COVID-19

Transportasi umum MRT di Jakarta.
Sumber :

VIVA – Pandemi COVID-19 mengubah kegiatan keseharian masyarakat termasuk urusan pekerjaan dan sekolah. Sejumlah perusahaan sejak pandemi menerapkan kegiatan bekerja dari rumah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona (COVID-19). Namun, beberapa perusahaan menerapkan sistem shift bekerja, sehingga membuat sebagian masyarakat masih beraktivitas di kantor.

Bagi sebagian orang, kembali beraktivitas di luar rumah termasuk ke kantor di era new normal seperti saat ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Sebab, ancaman virus COVID-19 yang tidak bisa dianggap remeh dan bisa menular kepada siapa saja termasuk ketika berada di luar rumah.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Hal inilah yang menjadi sumber kecemasan baru, terutama buat mereka yang sehari-harinya harus menggunakan moda transportasi umum seperti MRT.Perjalanan dengan MRT memang rentan membuat kamu terpapar virus, tapi sebaiknya jangan cemas berlebihan. Jika aktivitas tersebut dilakukan dengan hati-hati, melakukan tindakan pencegahan yang tepat, tentu Anda dapat merasa aman.

Berikut ini memberikan 5 tips dari Secret Clean bersama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk menjaga kebersihan selama berada di moda transportasi MRT, yang dapat diterapkan juga pada moda transportasi publik lain:

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Menerapkan jaga jarak

Jaga jarak pribadi dengan penumpang lain. Bila ada yang terlalu dekat, tak perlu sungkan untuk berpindah atau menegur penumpang lain.

Pembatasan jumlah penumpang

Saat moda transportasi dirasa terlalu penuh, sampaikan kepada petugas untuk membantu mengurai atau mengatur penempatan penumpang lebih ideal.

Menggunakan masker dan hand sanitizer

Disarankan segera menggunakan hand sanitizer setelah tangan menyentuh secara otomatis pegangan pintu, hand strap, hingga kursi.

Sebagai salah satu langkah preventif, Secret Clean untuk membantu pengguna MRT Jakarta memperketat protokol kesehatan dengan lebih cepat dan mudah yaitu dengan memberikan hand sanitizer di tiga stasiun MRT,Stasiun Dukuh Atas BNI, Lebak Bulus Grab dan Fatmawati yang sangat berguna menjaga kebersihan tangan selama di MRT Jakarta.

"Langkah ini juga kami ambil sebagai upaya peran serta dalam mengingatkan masyarakat akan pentingnya menerapkan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) yang dianjurkan pemerintah," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda), Muhammad Effendi melalui keterangannya.

Menghindari berbicara

Penumpang cenderung menurunkan masker ketika berbicara, sehingga meningkatkan risiko terpapar udara bebas.

Menghindari penggunaan handphone selama berada di MRT
 
Memegang handphone setelah menyentuh permukaan benda di MRT memberikan risiko perpindahan kuman, bakteri ataupun virus.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya