Buah Nangka Ampuh Jaga Gula Darah Pengidap Diabetes

Buah nangka.
Sumber :
  • PIxabay/DEZALB

VIVA – Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi terlalu tinggi, tetapi dapat dikontrol dan dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Termasuk buah nangka yang kerap tumbuh di negara tropis seperti Tanah Air.

Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Para ahli mengatakan tidak ada yang tidak boleh Anda makan jika Anda memiliki kondisi diabetes, tetapi makanan tertentu harus dibatasi. Selain itu, beberapa makanan berpotensi membantu menjaga kadar gula darah seperti nangka.

Baca Juga: Gak Punya Riwayat Keluarga Diabetes, Perlukah Periksa Gula Darah?

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Nangka memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu pengelolaan gula darah. Sebab, memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah, yang merupakan ukuran seberapa cepat gula darah naik setelah makan.

Diet yang mengandung banyak makanan rendah GI telah terbukti membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

Kedua, nangka mengandung beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Satu studi menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak nangka mengalami peningkatan kadar gula darah secara signifikan.

Studi lain terhadap tikus diabetes menemukan ekstrak daun nangka membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan memberikan kontrol gula darah jangka panjang. Efek ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan flavonoid nangka, yang dikenal dapat meningkatkan kadar gula darah yang seimbang.

Tepung nangka juga telah terbukti membantu mengontrol diabetes. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Diabetes Association, tepung nangka dapat menurunkan hemoglobin glikosilasi (HbA1c), glukosa darah puasa (FBG), dan glukosa postprandial (PPG).

Penelitian tersebut melibatkan 40 partisipan diabetes tipe 2 yang diberi 30 gram tepung hijau berbahan nangka selama tiga bulan. Peserta lainnya diberi tepung terigu atau tepung beras biasa untuk membuat roti atau idlis.

Di akhir penelitian, ditemukan orang yang mencampurkan tepung nangka pada adonan idli atau adonan gandum menunjukkan peningkatan kadar glukosa plasma.

Tetapi ini bukanlah satu-satunya cara untuk mengontrol kadar gula darah. Badan kesehatan mengatakan latihan fisik juga efektif, dan Anda harus menargetkan 2,5 jam aktivitas seminggu.

"Anda bisa aktif di mana saja selama apa yang Anda lakukan membuat Anda kehabisan napas. Ini bisa berupa berjalan cepat, menaiki tangga, dan melakukan pekerjaan rumah atau berkebun yang lebih berat," sarannya.

Mengontrol berat badan Anda juga penting. Menurunkan berat badan (jika Anda kelebihan berat badan) akan memudahkan tubuh Anda untuk menurunkan kadar gula darah, dan dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya