CEO Merck: Perkembangan Kilat Vaksin COVID-19 Patut Dipertimbangkan

Ilustrasi vaksin virus corona
Sumber :

VIVA – CEO dari produsen vaksin terkemuka dunia, perusahaan farmasi Merck & Co, Ken Frazier mengungkapkan opini yang tak biasa terkait perkembangan vaksin COVID-19 oleh para peneliti di dunia. Menurutnya, perkembangan vaksin bukan sesuatu yang mudah dan bisa dijalani dengan singkat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dalam sebuah wawancara dengan Profesor Tsedal Neeley, dari Harvard Business School, Ken membahas kembali bahwa vaksin tercepat yang pernah dibawa ke pasar dunia berasal dari Merck untuk penyakit gondongan. Rekor tercepat itu, kata dia, tetap butuh waktu sekitar empat tahun.

Ken melakukan kilas balik akan vaksin-vaksin yang pernah dikembangkan untuk beragam penyakit. Seperti vaksin Ebola dari Merck membutuhkan waktu lima setengah tahun dan hanya disetujui di Eropa bulan ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Apalagi, vaksin tuberkulosis membutuhkan waktu 13 tahun dan Rotavirus butuh 15 tahun. Bahkan, vaksin untuk cacar air tercatat dikembangkan selama 28 tahun.

Krisis dunia

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ken menjelaskan proses pengembangan vaksin memakan waktu lama karena membutuhkan evaluasi ilmiah yang ketat. Dalam kasus COVID-19, "kami bahkan tidak memahami virus itu sendiri atau bagaimana virus memengaruhi sistem kekebalan." Di sisi lain, masyarakat 'memaksa' agar perkembangan vaksin dipercepat agar kehidupan kembali normal.

"Tidak ada yang tahu pasti apakah salah satu program vaksin ini akan menghasilkan vaksin seperti ini atau tidak. Yang paling mengkhawatirkan saya adalah bahwa masyarakat sangat ingin, sangat ingin kembali normal, sehingga mereka mendorong kami [industri farmasi] untuk bergerak lebih cepat dan lebih cepat,” dia memperingatkan.

Manfaat vs bahaya

Lebih lanjut, ada banyak contoh vaksin di masa lalu yang merangsang sistem kekebalan tetapi tidak memberikan perlindungan. Dan, sayangnya, ada beberapa kasus di mana vaksin tidak hanya tidak memberikan perlindungan, tetapi membantu virus untuk menyerang sel karena vaksin tersebut.

"(Mengenai sifat imunogeniknya), "kami harus sangat berhati-hati,” tuturnya..

Kita telah melihat di masa lalu, misalnya, dengan flu babi, bahwa vaksin ini lebih berbahaya daripada manfaatnya. Kita tidak memiliki sejarah besar dalam memperkenalkan vaksin dengan cepat di tengah pandemi. Ken menuturkan bahwa semuanya harus diperhitungkan.

Dalam seperempat terakhir abad terakhir, hanya 7 vaksin baru yang dikembangkan, 4 di antaranya oleh Merck, melawan patogen yang sebelumnya tidak ada vaksinnya. Baginya, pengumuman kedatangan vaksin membuat para politisi dan masyarakat mengurangi perhatian mereka terhadap virus tersebut. Pada akhirnya, jika suatu vaksin akan digunakan pada miliaran orang, lebih baik mengetahui apa fungsi dan manfaat vaksin itu.

"Ketika orang-orang memberi tahu publik bahwa akan ada vaksin pada akhir tahun 2020, misalnya, saya pikir mereka merugikan masyarakat. Kami tidak ingin terburu-buru vaksin sebelum kami menyelesaikan ilmu pengetahuan yang ketat," jelasnya lagi.

"Ada tujuh ribu lima ratus juta orang di planet ini sekarang. Dan kami tidak pernah memiliki vaksin yang pernah digunakan dalam populasi sebesar ini ..." kata CEO tersebut.

Distribusi

Ken menjelaskan bahwa akan perlu untuk menyelesaikan tidak hanya masalah produksi pada skala yang memenuhi jumlah orang ini, tetapi juga untuk menemukan cara untuk mendistribusikan obat, terutama di wilayah dunia di mana orang tidak mampu membeli vaksin dan juga di mana tantangan untuk menjangkau mereka yang membutuhkan lebih besar.

"Dan ketika Anda berpikir untuk mengirim anak-anak kembali ke sekolah, kami harus menemukan cara untuk melakukannya dengan aman karena orang tua stres jika anak-anak tetap di rumah. Kita harus menemukan cara untuk membuka sekolah, belum lagi fakta bahwa pembelajaran jarak jauh tidak berlaku untuk semua anak," ujar Ken.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya