Perhimpunan Dokter Tegaskan Unsur Antibiotik Tak Sembuhkan COVID-19

Minum Obat Antibiotik
Sumber :

VIVA – Perhimpunan Kedokteran Tropis dan Penyakit Infeksi Indonesia (PETRI), Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) dan Pfizer Indonesia mengingatkan kembali pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan kepedulian dan pengertian masyarakat tentang Antimicrobial Resistance (AMR) dan pengendaliannya.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Dengan mengusung tema ‘Bersama menangani Antimicrobial Resistance melalui Antibiotic Stewardship Program (ASP)’ dan sub tema ‘Tantangan selama pandemi COVID-19’, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan tenaga kesehatan tentang Antibiotic Stewardship Program di Indonesia.

Setiap tahunnya, Hari Kepedulian Antibiotik Sedunia atau World Antimicrobial Awareness Week (WAAW) diperingati setiap tanggal 18-24 November 2020.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Tahun ini melalui tema ‘United to preserve antimicrobials’, badan kesehatan dunia WHO kembali mengajak masyarakat, tenaga kesehatan dan pemerintah untuk turut ambil bagian dalam mengurangi angka beban AMR dan menghentikan penyebaran infeksi akibat AMR.

Penyalahgunaan antibiotik selama pandemi COVID-19 dapat menyebabkan meningkatnya risiko angka penyebaran AMR, karena COVID-19 disebabkan oleh virus, bukan bakteri, sehingga COVID-19 tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik.

Anggota DPR Harap BUMN Bisa Jadi Solusi Hadapi Persoalan Ketahanan Pangan

Antimicrobial Resistance (AMR) merupakan krisis kesehatan global yang terabaikan, dan membutuhkan perhatian dan tindakan yang segera. Pada 2030, diperkirakan penggunaan antibiotik akan meningkat sebesar 30% dan dapat meningkat sebesar 200% jika AMR masih ditangani dengan kebijakan yang sama seperti saat ini.

Saat ini, setidaknya sebanyak 700.000 kematian disebabkan oleh penyakit yang resisten terhadap obat di seluruh dunia setiap tahunnya dan pada tahun 2050, sebanyak 10 juta orang meninggal karena AMR.

Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024