Tanda Nyeri Perut di Titik Tertentu yang Perlu Diperhatikan

nyeri perut akut
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sakit perut menjadi permasalahan yang umum dialami setiap orang. Namun jangan anggap sepele sakit perut yang kamu alami, sebab ada beberapa penyakit yang ternyata mengkhawatirkan.

Gegara Sering Mondar-mandir, Seorang Penumpang Didepak dari Pesawat

Lalu bagaimana mengetahui sakit perut yang perlu diwasapadai pada titik tertentu di area perut? Berikut ini ulasannya bersama spesialis penyakit dalam, Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 3 Desember 2020.

Nyeri pada perut bagian atas

8 Tips Praktis Mengurangi Rasa Tidak Nyaman saat Menstruasi

Nyeri pada perut bagian atas ternyata bisa pertanda gangguan pada lambung. Dijelaskan Ari, pasien yang merasakan rasa perih tidak nyaman di daerah ulu hati disertai mual, kembung, begah ada masalah di lambungnya.

"Namun juga bisa posisinya di kiri atas karena kan masih bagian dari lambung kita. jadi di ulu hati, tengah atas sampai kiri atas," kata Ari.

Viral Video Vidi Aldiano Tahan Sakit di Atas Panggung, Dipuji Netizen karena Profesional

Nyeri pada bagian kanan atas

Nyeri bagian kanan atas bisa menjadi tanda adanya gangguan pada liver. Dia juga menyebut nyeri perut di bagian kanan atas juga bisa karena radang akut hepatitis atau bisul pada liver. Selain itu nyeri pada kanan tengah atas perut bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kantong empedu.

"Posisinya tepat di daerah ulu hati tapi ke kanan sedikit. Kadang juga batu kantung empedu. Sering dibilang ulu hati itu maag, mereka beli obat maag, pas di USG sumbernya dari kantung empedu," jelas Ari.

Terkait cara membedakan nyeri di ulu hati karena masalah lambung dengan masalah pada kantung empedu. Ari menjelaskan bahwa tidak ada gejala yang khas antara gangguan pada empedu dan lambung.

"Kalau empedu nyeri ulu hati bawah tembus ke belakang. Kalau lambung bisa juga berhubungan karena makan habis makan sesuatu perut  terasa perih, kembung. Tapi sekali lagi gejalanya perih-perih aja ternyata empedu, tetap harus melakukan pemeriksaan untuk tau," kata Ari.

Rasa sakit pada kanan bawah tanda radang usus buntu?

Dijelaskan Ari, memang rasa sakit pada kanan bawah bisa menjadi tanda radang usus buntu. Namun, dijelaskan Ari tidak semua rasa nyeri pada bagian kanan bawah perut menjadi tanda radang usus buntu.

"Usus buntu itu yang berada di antara usus besar dan usus halus yang meradang ketika ditekan terasa nyeri. Tapi terlepas dari itu, di area itu juga ada organ usus besar dan usus halus bisa jadi radang usus besar. Selain itu juga ada saluran kencing bisa jadi itu yang menyebabkan nyeri, di area itu juga ada indung telur bisa juga menjadi nyeri, jadi nyeri kanan bawah tidak mesti usus buntu," kata Ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya