Sering Dijumpai, Ini 3 Tanaman Ampuh Mematikan COVID-19

Ilustrasi Virus Corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Vaksin dianggap menjadi jalan satu-satunya untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. Meski saat ini belum tersedia, namun masyarakat bisa mencegah penularannya melalui tiga tanaman tertentu yang ternyata sering dijumpai.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Baru-baru ini, para peneliti Amerika melihat fitokimia untuk melihat apakah beberapa makanan dapat digunakan untuk melawan dan mencegah COVID-19. Fitokimia pada dasarnya adalah komponen non-nutrisi yang ada dalam pola makan nabati.

Baca Juga: Efektif Hingga 95 Persen, Apa Kandungan Vaksin COVID-19 Pfizer?

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Fitokimia diketahui memiliki sifat mencegah penyakit dan telah digunakan dalam pengobatan penyakit seperti penyakit jantung, kanker, hipertensi dan diabetes untuk beberapa nama.

Kini, dalam sebuah penelitian unik, para peneliti telah mengklaim bahwa senyawa kimia dalam makanan atau minuman seperti teh hijau, anggur muscadine, dan cokelat hitam dapat mencegah terinfeksi COVID-19.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Ketiga makanan itu terbukti dapat mengikat dan memblokir fungsi enzim tertentu, atau protease, dalam SARS-CoV-2, virus yang bertanggung jawab atas COVID-19. Menurut peneliti dari North Carolina State University di AS, protease penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup sel dan virus.

Berikut penjelasan 3 tanaman tersebut di jurnal Frontiers in Plant Science, dilansir dari The Health Site, Jumat, 4 Desember 2020.

Senyawa Kimia Dark Chocolate Membantu Menghambat Virus

Simulasi komputer menunjukkan bahwa senyawa kimia yang dipelajari dari teh hijau, dua varietas anggur muscadine, bubuk kakao, dan cokelat hitam mampu mengikat berbagai sel di virus atau disebut dengan Mpro. Mpro memiliki porsi yang seperti 'kantong' yang 'diisi' oleh senyawa kimia. Ketika kantong ini terisi, protease kehilangan fungsi pentingnya.

Eksperimen laboratorium juga menunjukkan hasil yang serupa. Senyawa kimia dalam teh hijau dan anggur muskadin sangat berhasil dalam menghambat fungsi Mpro. Sementara, senyawa kimia dalam bubuk kakao dan cokelat hitam mengurangi aktivitas Mpro sekitar setengahnya.

Kulit Dan Biji Anggur Muscadine Bermanfaat Juga

Anggur muscadine mengandung bahan kimia penghambat ini di kulit dan bijinya. Tumbuhan menggunakan senyawa tersebut untuk melindungi diri, sehingga tidak heran bila daun dan kulit tumbuhan tersebut mengandung senyawa bermanfaat tersebut.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya