Makanan Sehat Ala Rina Gunawan, Bakwan Diet Rendah Kalori

Rina Gunawan
Sumber :
  • Instagram

VIVA -Banyak orang melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal. Saat menurunkan berat badan, kunci utamanya menghindari atau mengurangi jenis makanan padat kalori, salah satunya adalah gorengan.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Sebab banyak gorengan yang dibuat dengan menggoreng makanan dalam minyak banyak agar lebih renyah. Metode memasak ini dapat menambah lemak dan kalori. Orang yang doyan makan gorengan umumnya juga mudah merasa lapar karena minimnya kandungan serat dan protein.

Salah satu selebritis tanah, Rina Gunawan diketahui mengaku sangat gemar makan gorengan seperti bakwan, tahu goreng dan sebagainya sebelum menjalani diet. Dia mengaku bisa menghabiskan sejumlah gorengan sebagai camilan saat menonton drama.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Namun, selama diet diakuinya tetap mengonsumsi gorengan bakwan. Namun dalam cara yang berbeda, dalam program Hidup Sehat, tvOne Rina pun membagikan resep bakwan diet sehat. Untuk adonannya Rina memilih mengganti tepung dengan oatmeal.

"Gorengan masih tapi berbeda membuat bakwan sehat pakai oatmeal, sayur kol, daun bawang, tauge, wortel dan putih telur," kata Rina, Kamus 3 Desember 2020.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Untuk bumbunya, Rina memilih menggunakan bawang putih dan menggunakan garam himalaya atau kaldu jamur. Ini dilakukan untuk mengatur asupan garam dalam tubuh yang dapat mempengaruhi berat badan.

"Semuanya dicampur kemudian digoreng tapi tidak pakai minyak. Saya merasakan dengan mengurangi minyak, santan itu terasa enak di badan," kata Rina.

Lalu bagaimana kandungan nutrisinya? Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.Gk menyebut bahwa bakwan yang dibuat Rina bisa menjadi alternatif. Mengingat bahan-bahan yang digunakannya seperti oatmeal yang dijelaskan Feni merupakan karbohidrat kompleks serta aneka sayur mayur yang juga dibutuhkan selama diet. Selain itu juga ada putih telur yang kaya akan kandungan protein yang baik untuk diet.

"Namun, perhatikan juga jumlahnya. Diet itu kebutuhan kalori dikurangi kebutuhan dengan mengatur porsi per hari. Oatmeal itu 4-5 sendok itu 175 kalori, 100 gram sayuran itu 25 kalori. Jadi jumlahnya 200 kalori sekali makan," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya