5 Pengobatan Rumahan dan Murah untuk Menghentikan Batuk

Ilustrasi menutup batuk dengan siku
Sumber :
  • times of india

VIVA – Bertentangan dengan kepercayaan umum, batuk tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Ini adalah tindakan refleks yang sangat normal dan alami yang membantu membersihkan saluran udara dari iritan. Batuk umumnya bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya setelah partikel asing dikeluarkan dan tenggorokan Anda bersih. 

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Tapi batuk terus-menerus bisa membuat iritasi dan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Hal ini bisa disebabkan karena alergen, serbuk sari, debu, asap atau polusi, yang semakin parah selama musim dingin. Jika Anda juga mengalami tenggorokan gatal, cobalah pengobatan alami untuk meredakannya. 

Beberapa pengobatan rumahan cukup efektif dalam membersihkan bagian tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk bernapas. Namun, jika masalah berlanjut dalam waktu lama maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Berikut 5 pengobatan alami yang bisa dicoba untuk mengatasi batuk dilansir dari Times of India. Baca selengkapnya di halaman berikut ya. 

Madu

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Madu adalah obat rumahan yang telah dicoba dan teruji untuk pilek dan batuk. Sifat antioksidan, antimikroba, dan antiradangnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Photo :
  • Times of India

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa madu lebih baik daripada obat yang dijual bebas (OTC) untuk mengobati pilek dan batuk. Campurkan 2 sendok teh madu dalam teh herbal atau air hangat dan lemon dan minum dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Kumur air garam

Kumur air garam dapat meredakan tenggorokan gatal dan mengurangi penumpukan lendir di paru-paru dan saluran hidung. Yang perlu dilakukan adalah mencampur 1/4 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat dan berkumur dengannya beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri dengan cepat. Obat ini bukan untuk anak kecil karena mereka mungkin tidak dapat berkumur dengan benar dan berakhir dengan menelan air asin.

Jahe

Photo :
  • U-Report

Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara dan mengurangi masalah batuk. Menyeruput teh jahe atau jus jahe dengan madu dan lada hitam adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengobati batuk. Tapi jangan terlalu banyak minum teh jahe karena bisa menyebabkan sakit perut atau mulas.

Peppermint

Peppermint mengandung senyawa yang disebut mentol, yang dapat membuat ujung saraf di tenggorokan mati rasa akibat batuk. Dapat meredakan nyeri dan iritasi di tenggorokan. 

Selain itu, peppermint juga dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. Minum teh peppermint 2-3 kali sehari adalah cara paling efektif untuk mengurangi masalah batuk. Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint sebagai aromaterapi.

Minyak kayu putih

Photo :

Minyak esensial kayu putih juga dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan saluran udara Anda. Untuk hasil campuran yang cepat, beberapa tetes minyak kayu putih dalam minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun dan gosokkan campuran tersebut ke dada dan tenggorokan. 

Anda juga dapat mencoba mengambil uap kayu putih. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam mangkuk berisi air panas dan hirup uapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya