7 Tips Makan Malam Nikmat Gak Bikin Berat Badan Melonjak

Ilustrasi menu hidangan diet
Sumber :
  • Dokumentasi Fit Company

VIVA – Pernahkah kamu merasa nafsu makan akan lebih meningkat ketika menjelang makan malam dibandingkan dengan sarapan? Ya, hal ini umum dirasakan hampir semua orang. Mengingat kegiatan yang dilakukan dalam satu hari rentan untuk seseorang mengalami kelelahan fisik dan psikis karena kegiatan yang mereka lakukan.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Tidak heran jika pada malam hari keinginan untuk makan lebih banyak dan keingiunan untuk mengkonsumsi makanan manis jadi lebih besar. Biasanya, keinginan untuk makan itu timbul lantaran alasan ingin memanjakan diri setelah kelelahan usai berkegiatan sepanjang hari. Meski demikian, banyak orang sadar, terlalu banyak makan di malam hari terutama mengonsumsi karbohidrat dan gula dapat meningkatkan berat badan.

Tentu ini menjadi polemik bagi setiap orang terutama bagi mereka yang tengah menjalani program diet. Lalu bagaimana mengatasinya? Simak tips makan malam sederhana yang sehat dan mengenyangkan seperti dilansir dari laman Times of India.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Gunakan piring makan kecil

Untuk menurunkan berat badan secara efektif dan dalam jangka waktu tertentu, penting untuk makan kalori dalam jumlah terbatas. Menggunakan piring besar berarti Anda akan lebih banyak makanan dan lebih banyak asupan kalori. Jadi, agar tidak makan berlebihan, selalu gunakan piring ukuran kecil dan isi dengan makanan sehat dan bergizi.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Berikutnya, Perhatikan pengolahan makanan

Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat memasak adalah mengabaikan kandungan kalori pada minyak goreng. Jika Anda terlalu banyak menggunakan minyak ke dalam penggorengan maka itu akan berbahaya bagi rencana penurunan berat badan. Meskipun Anda menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau ghee, jumlah lemak dalam makanan harian Anda harus minimal.

Makan camilan di sore hari

Alasan lain makan berlebihan di malam hari adalah jarak waktu antara makan malam dan makan siang. Istirahat panjang membuat lapar dan Anda tidak bisa mengendalikan diri dari makan berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, makanlah camilan di sore hari. Ini akan membuat Anda kenyang sampai waktu makan malam.

Minum air sebelum makan malam

Kita sering meremehkan pentingnya air minum. Cairan tidak hanya membuat kita terhidrasi tetapi juga menciptakan sensasi kenyang dan membantu kita makan lebih sedikit. Mengonsumsi air memudahkan otak kita untuk mengenali rasa kenyang dan kita berhenti makan. Jadi, minumlah satu gelas besar air 30 menit sebelum waktu makan.

Berikutnya, Makan kentang untuk makan malam

Studi menunjukkan bahwa kentang memiliki tingkat rasa kenyang tertinggi dibandingkan dengan karbohidrat lainnya. Dengan begitu, mengonsumsi kentang untuk makan malam bisa membuat Anda merasa tiga kali lebih kenyang dari sepotong roti putih. Ada kesalahpahaman bahwa kentang menggemukkan. Sebaliknya, kentang kaya serat dan karbohidrat berkualitas baik. Anda hanya perlu mengkonsumsinya dalam jumlah sedang.

Makan di meja makan

Gangguan pada waktu makan dapat membuat Anda kehilangan jejak rasa lapar dan Anda akan makan berlebihan. Itu sebabnya disarankan untuk tidak makan di depan televisi. Mempraktikkan pola makan dengan sadar dapat membantu mengelola asupan kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Makan malam lebih awal

Langusung tidur setelah makan malam dapat menjadi faktor lain yang dapat menghambat kemajuan penurunan berat badan Anda. Yang terbaik adalah makan malam 2 jam sebelum tidur dan jika moto Anda adalah menurunkan berat badan maka makanlah pada pukul 7 malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya