5 Makanan Terbaik yang Dapat Mengekang Konsumsi Gula Berlebih

Apel hijau dan merah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mengonsumsi gula adalah musuh terbesar para pelaku diet. Keinginan yang tidak terkendali untuk menikmati sesuatu yang manis, terutama pada larut malam setelah makan malam begitu kuat sehingga sulit untuk tidak menyerah. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang sulit mempertahankan diet mereka dan menurunkan berat badan. 

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Mengonsumsi gula sebenarnya didorong oleh kebutuhan otak dan Anda tidak bisa menahan diri setelah menggigit makanan manis favorit. Tetapi ada alternatif yang sangat baik untuk mengendalikan keinginan Anda saat mencoba menurunkan berat badan.

Serbuan gula meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan sesuai laporan para peneliti di New York University, lonjakan insulin memicu pelepasan dopamin, yang merupakan hormon perasaan-enak. Anehnya, mengonsumsi makanan sarat gula bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan tingkat dopamin. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Telah ditemukan bahwa asam amino tirosin juga dapat mendorong otak untuk melepaskan dopamin dan neurotransmitter lainnya. Itu berarti Anda bisa mengendalikan keinginan akan gula dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam amino tirosin.

Hal ini akan membuat Anda tetap di jalur dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Jadi, kemasi dapur dan isilah dengan lima makanan kaya asam amino tirosin ini dan nikmati saat tidak bisa mengalahkan keinginan Anda untuk mengonsumsi gula, seperti dilansir dari Times of India.

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Telur

Telur dikemas dengan protein dan lemak sehat dan merupakan salah satu makanan ramah penurunan berat badan terbaik. Satu telur utuh, baik yang direbus atau direbus, meningkatkan rasa kenyang dan mengekang keinginan makan. 

Photo :
  • Times of India

Telur juga rendah kalori, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan jumlah kalori. Selain itu, kuning telur mengandung klorin, nutrisi yang dikenal dengan sifat pembakaran lemaknya. Jadi, siapkan dapur dengan telur untuk ngemil larut malam.

Susu

Susu dan keju keduanya merupakan sumber protein, kalsium, vitamin, mineral, dan asam lemak yang sangat baik. Ini dapat memberi energi instan, meningkatkan fungsi otak, dan akan mengekang keinginan Anda. Produk susu juga dapat mengurangi risiko diabetes. 

Photo :
  • instagram.com/mediasehatku/

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi banyak produk susu tinggi lemak memiliki insiden diabetes paling rendah.

Biji wijen dan kacang tanah

Kacang dan biji-bijian mengandung lemak, serat, dan protein yang sehat, yang merupakan kombinasi yang bagus untuk membuat Anda merasa kenyang dan puas.

Photo :
  • vstory

Kacang tanah dan biji wijen, khususnya, kaya akan asam amino tirosin dan paling baik memasukkannya ke dalam makanan. Biji wijen juga mengandung seng, vitamin B6, dan magnesium, sedangkan kacang tanah mengandung biotin, tembaga, niasin, folat, mangan.

Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein lengkap. Ini adalah sumber tirosin serta fenilalanin yang sangat baik. Memiliki makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan susu kedelai tidak hanya dapat meredam keinginan tetapi juga akan mempercepat proses pemulihan otot. Kacang  juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan melindungi jantung dari penyakit

Apel

Apel mengandung sejumlah besar asam amino tirosin dan diketahui dapat meningkatkan kadar dopamin, yang dapat menghilangkan depresi. Buah-buahan ini juga menyuplai nutrisi utama seperti vitamin c, vitamin K dan kalium yang dapat mempercepat metabolisme dan mendukung proses penurunan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya