#TanyaDokter: Asam Lambung Bisa Sebabkan Serangan Jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSPI dr Istia Muda Perdan, Sp.JP
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Masalah penyakit asam lambung bisa dialami siapa saja. Bahkan gejalanya pada setiap orang bisa berbeda-beda. 

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Lewat rubrik TanyaDokter, bersama dr. Teuku Istia Muda Perdan, Sp.JP yang merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, masalah seputar penyakit jantung akan dibahas lebih jauh.

Salah satu pernyataan yang ditanyakan pembaca VIVA adalah: "Benarkah asam lambung bisa menyerang sampai ke jantung saat panik atau stres?" Seperti apa jawaban dr. Teuku Istia Muda Perdan? Yuk simak halaman berikutnya untuk tahu jawabannya.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Mengenai asam lambung apakah bisa menyerang sampai ke jantung, dr Istia mengatakan, bahwa asam lambung tidak bisa menyebabkan serangan jantung atau penyakit jantung. Misalnya, dalam keadaan panik atau stres.

Saat panik atau stres justru bisa terjadi perubahan dalam tubuh kita salah satunya adalah peningkatan asam lambung.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Peningkatan asam lambung gejalanya, berupa nyeri ulu hati terutama yang bisa menjalar ke dada atas hingga ke dada kiri. Nah gejala seperti itulah yang bisa dicurigai apakah ini berasal dari jantung atau lambung. Lalu apa yang harus dilakukan jika merasakan gejala seperti itu? Simak penjelasan berikut.

Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti EKG atau rekam jantung. Tetapi perlu diingat, asam lambung tidak menyebabkan penyakit jatung karena itu kedua organ yang terpisah tidak ada hubungannya. Cuma, karena letaknya yang berdekatan sehingga gejala yang ditimbulkan bisa mirip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya