Terungkap, Durasi Ideal Berolahraga untuk Turunkan Berat Badan

Berat badan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Memiliki berat badan ideal menjadi salah satu resolusi yang paling banyak ingin dicapai pada setiap pergantian tahun. Untuk mencapai resolusi itu, tentu perlu usaha yang harus dilakukan, seperti mengatur pola makan. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Namun, menurunkan berat badan tidak hanya soal mengatur pola makan, tapi juga berolahraga agar efektif. Olahraga sangat dibutuhkan sebagai proses membakar sejumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Pertanyaannya adalah seberapa banyak seseorang harus berolahraga setiap hari untuk membakar lemak dari tubuh. Ya, kebanyakan orang bingung saat harus berolahraga untuk menurunkan berat badan.

5 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama di Dunia, Ada yang 20 Jam Per Hari

Apakah mereka mengikuti sesi HIIT singkat untuk membakar kalori lebih cepat atau perlu memilih aktivitas yang berlangsung lebih lama. Hal ini sangat sulit untuk memutuskan.

Nah, menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, seseorang perlu menghabiskan banyak waktu di lapangan untuk membakar lemak dalam tubuh. Lalu seberapa lama sih? Yuk simak penjelasannya di sini... 

Kota dengan Waktu Puasa Ramadhan Terpanjang dan Terpendek di Dunia

Dilansir dari laman Times of India, Agar seseorang kehilangan sekitar 1/2 kilogram per minggu, mereka perlu membakar 3000 kalori, yang membutuhkan banyak latihan.

Sesuai penelitian, untuk membakar kalori sebanyak ini, seseorang perlu berolahraga sekitar 300 menit setiap minggu atau satu jam per minggu selama lima hari.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada sekelompok 44 orang dewasa usia 18 hingga 49 tahun.

Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok satu yang berolahraga enam hari per minggu, yang lain yang berolahraga dua minggu per hari dan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.  

Para peserta itu diizinkan untuk memilih olahraga apa pun yang ingin mereka lakukan mulai dari lari, angkat beban, atau sekadar jalan kaki. Pada akhirnya, ditemukan bahwa orang-orang yang termasuk dalam kelompok pertama membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih banyak.

Hal terpenting yang ditemukan selama penelitian adalah perubahan tingkat leptin di antara mereka yang berolahraga. Leptin adalah salah satu hormon terpenting dalam tubuh.

Hormon ini mengirimkan sinyal ke otak saat Anda tidak lapar dan Anda berhenti makan.Dalam hal olahraga untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memilih apa pun yang Anda sukai atau cintai.

Baik itu jalan kaki, lari, atau bersepeda.  Semua aktivitas fisik ini dapat membantu mengurangi berat badan, Anda cukup konsisten dan melakukannya dalam waktu yang cukup lama. 

Tapi perlu diingat, berolahraga sendiri tidak bisa membantu menurunkan berat badan. Untuk menciptakan kesenjangan kalori, Anda juga perlu makan dengan sehat dan dalam jumlah terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya