Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat Mengganti Masker 

Mengenakan masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Empat jam, empat minggu atau empat bulan, berapa masa pakai masker wajah Anda? Sementara setiap jenis masker wajah - bedah, N95 dan kain - memiliki masa waktu sendiri, dokter menyarankan untuk mencari tanda-tanda keausan.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Ketergantungan pada masker karena pandemi yang sedang berlangsung telah memicu beberapa kekhawatiran, yang paling umum adalah kapan harus mengganti masker, dan kapan harus membuangnya.

Tiga jenis masker yang tersedia di pasaran - N95, masker bedah dan masker kain - dapat digunakan untuk jangka waktu yang berbeda, tetapi beberapa tanda umum yang disarankan oleh dokter dan pakar industri agar diperhatikan adalah untuk memeriksa apakah masker longgar, lembab atau kainnya lusuh.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Dilansir dari Times of India, dokter juga mengatakan bahwa untuk perlindungan, masker N95 adalah yang terbaik, tetapi jika Anda mengenakan masker kain, pastikan masker itu berlapis tiga.

Masker wajah tidak berguna saat lembab, robek, longgar

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Jika masker Anda longgar, robek, lembap, dan membuat kacamata berkabut, inilah saatnya untuk menggantinya, kata dokter. Dr Arvind Kumar, Ketua, Institut Bedah Dada, Bedah Onco Dada & Transplantasi Paru, Medanta.

Dia berkata, “Tujuan dari masker adalah agar semua udara yang kita hirup harus melewatinya. Jika masker Anda longgar, atau tidak sepenuhnya menutupi hidung dan mulut, tidak ada gunanya, karena 50% udara yang Anda hirup tidak tersaring. Jadi, jika masker Anda tidak pas, gantilah." 

Beberapa masker dilengkapi dengan penjepit hidung, yang memastikan pas di sekitar hidung. Trik sederhana untuk memastikan bahwa umur masker seperti itu telah berakhir adalah dengan melihat apakah mengenakannya membuat kaca mata Anda kabur. 

Pria memakai masker saat pandemi COVID-19.

Photo :
  • LG

Jika terjadi fogging, Anda menghirup sekitar masker, dan harus menggantinya. Demikian pula, Jika masker N95 sobek, lembab atau rusak, sebaiknya diganti. Masker bedah tidak boleh digunakan lebih dari empat-enam jam. ”

Dr Arvind dan Dr Richa Sareen, Konsultan, Pulmonologi dan Pengobatan Perawatan Kritis, Rumah Sakit Fortis, Vasant Kunj, membagikan arahan lima masker yang telah diberikan untuk masker N95. 

Ia menjelaskan, di awal bulan, dia mengambil lima masker dan menomori mereka dari satu sampai lima, masing-masing dengan penutup plastik / kertasnya sendiri. 

"Pada Hari 1, kami menggunakan masker, kembali, dan meletakkannya di sampulnya. Pada Hari 2, kami menggunakan masker kedua, kembali, meletakkannya di sampulnya, dan mengulangi prosesnya hingga Hari 5. Pada hari keenam, kami mengulangi masker pertama. Setelah 25 hari, masker tersebut diganti dengan yang baru," tuturnya. 

Ditambahkan, di sela-sela pemakaian, jika pihaknya merasa maskernya kendur, akan dibuang. Sebelumnya, hanya profesional perawatan kesehatan yang mengikuti ini, tetapi sekarang siapa pun yang keluar setiap hari dapat mengikuti ini.

Sementara itu Dr Navneet Kaur, Dokter Umum, Rumah Sakit Apollo Spectra, Delhi, berkata, “Cobalah meniup lilin sambil mengenakan masker. Jika tidak bisa meniupnya, Anda bisa terus memakai masker. Jika Anda terus mencuci dan menggunakan kembali satu masker, kualitasnya akan menurun."

Berapa lama bisa memakai masker?

Jai Dhar Gupta, pendiri, Nirvana Being, perusahaan solusi pelindung, dan pendiri gerakan warga, My Right to Breathe, berkata apabila memilih masker yang dapat digunakan kembali, ia menyarankan untuk menyimpan dua masker - satu untuk hari-hari ganjil dan satu untuk genap hari. 

"Jika masker tidak digunakan, anginkan di bawah sinar matahari atau di ruangan dengan kipas angin untuk mengeringkan semua kelembapan. Ini akan membunuh virus apa pun di masker. 

Dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti masker?  Sebaiknya ganti masker Anda jika kesesuaiannya terganggu, atau jika hambatan pernapasan menjadi tinggi. Jika masker tidak menutup wajah Anda dan memaksa semua udara yang dihirup / dihembuskan melalui kain / filter, itu tidak ada gunanya. 

Gaurav Logani, pendiri, INMASK, mengatakan, tergantung pada jenis masker yang dikenakan, waktu penggantiannya akan bervariasi. Misalnya, masker N95 harus dibeli dalam lima set.

Ilustrasi pakai masker

Photo :
  • vstory

Beri label pada setiap masker, dan yang dikenakan pada Hari 1 tidak boleh diulangi sebelum Hari 6. Ganti seluruh set setiap bulan. Masker bedah harus diganti setiap empat jam, dan masker kain harus diganti saat kendur atau saat mengalami kesulitan bernapas. 

Berbicara tentang masker kain, Dr Richa menambahkan, “Agar masker kain efektif, masker harus berlapis tiga, ketat di sekitar hidung dan dagu, dan pas. Anda harus mencucinya setelah digunakan, mengeringkannya di bawah sinar matahari, dan menyetrikanya untuk membunuh virus yang mungkin tertinggal di masker. "

Menyimpan masker 

Jika Anda keluar dan harus melepas masker untuk makan / minum, bagaimana cara menyimpannya? Menurut Dr Navneet Kaur, orang yang memakai masker kain melipatnya dan menyimpannya di saku setelah melepasnya, itu tidak benar. 

"Saat Anda makan di luar, misalnya, lepaskan simpul dengan tangan yang sudah dibersihkan, lipat masker dengan hanya menjaga permukaan luar yang terbuka dan simpan di dalam kantong kedap udara. Selain itu, meletakkan masker di pangkuan Anda bisa mengontaminasi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya