Sering Dikonsumsi, 3 Makanan Ini Justru Lemahkan Imunitas

Gorengan.
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Selain melakukan aktivitas fisik, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh untuk menjaga imunitas. Namun, tentu saja bukan makanan sembarangan. Karena jika salah makan, bukan meningkatkan, makanan tersebut malah berpotensi menurunkan imunitas.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Menurut dokter spesialis gizi klinik, dr. Amalia Primahastuti, M.Gizi, Sp.GK, ada beberapa makanan yang justru dapat menekan sistem imun. Dan mirisnya, kita cenderung mengonsumsi makanan ini sehari-hari.

"Ada gula yang terlalu banyak, ada juga lemak jenuh, adanya di goreng-gorengan, garam yang terlalu tinggi juga dapat menekan sistem imun," ujarnya saat VIVA Talk di Instagram @vivacoid, Selasa 15 Desember 2020.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Amalia menambahkan, rata-rata ketiganya terdapat pada makanan yang sering kita konsumsi. Beberapa contoh makanannya antara lain, gorengan, donat, martabak, dan lain-lain. Amalia menyarankan, seharusnya makanan-makanan tersebut tidak dikonsumsi setiap hari.

"Hanya sesekali aja, satu atau dua kali seminggu. Apalagi sekarang makanan makin banyak, terutama makanan-makanan kekinian. Sayangnya makanan-makanan kekinian itu cenderung gulanya tinggi. Apalagi minuman-minuman kekinian," kata dia.

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Amalia turut memperingatkan, makanan atau minuman kekinian yang cenderung tinggi gula, dapat menyebabkan berat badan dan lemak bertambah, yang berujung pada obesitas. Di mana penyakit tersebut berisiko terjadi perberatan gejala jika sampai terinfeksi COVID-19.

"Jadi, bener-bener harus pinter memilih makanan yang kita makan saat ini. Karena walaupun sudah ada rencana untuk vaksin, tapi tetap kita tidak tahu kapan selesainya," tuturnya.

Menurut Amalia, daripada bergantung pada vaksin, lebih baik melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari penularan virus corona.

"Lakukan pencegahan dan membentengi tubuh kita jangan sampai tertular. Jadi, sistem imunnya dipersiapkan dengan baik, dengan makanan yang baik juga. Nah, itu salah satu usaha kita," tutup dr Amalia Primahastuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya