Rekomendasi Makanan Penderita Diabetes untuk Turunkan Gula Darah

Bayam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2 persen, yang artinya ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes per tahun 2020. Hal ini adalah kondisi serius, yang dapat diatasi dengan makan sehat, berolahraga, dan melakukan perubahan gaya hidup lainnya. 

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk sintesis gula; itu juga bisa terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan hormon. Dan, pada gilirannya menyebabkan lonjakan gula darah

Meskipun tampaknya bukan masalah yang serius, jika tidak ditangani dan dikendalikan tepat waktu, diabetes dapat merusak organ dalam seperti jantung dan ginjal. Orang yang menderita diabetes bahkan dikatakan berisiko lebih tinggi tertular infeksi virus korona baru.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Dengan adanya perubahan musim, berikut adalah makananan untuk penderita diabetes yang akan membantu mereka dalam mengawasi kadar gula darah dilansir dari Times of India.

Sarapan

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Konsumsilah makanan kaya serat dan protein dianjurkan bagi penderita diabetes selama musim hujan. Berikut ini adalah beberapa makanan musiman yang harus ditambahkan oleh penderita diabetes ke dalam sarapan mereka. Ubi jalar, teh / kopi tanpa pemanis, telur rebus dan buah-buahan musiman termasuk jeruk dan jambu biji.

Makan siang

Penderita diabetes disarankan untuk makan makanan berserat tinggi karena membantu membuat mereka kenyang dan tidak menyebabkan lonjakan tiba-tiba dalam kadar gula darah.

Untuk makan siang, penderita diabetes harus menambahkan sayuran hijau seperti bayam, saat dan daun sawi, multigrain chapatis, sayuran mentah seperti wortel dan lobak.

Camilan siang hari

Penderita diabetes harus sering mengonsumsi makanan kecil sepanjang hari, yang menjadikan ngemil sebagai bagian penting dari makanan mereka.

Jika Anda penderita diabetes dapat mengonsumsi buah-buahan rendah kalori seperti apel, jambu biji, dan kacang rubah panggang, sayuran mentah seperti wortel, mentimun, dan lobak sebagai camilan tengah hari.

Makan malam

Musim dingin adalah waktu terbaik untuk menikmati sup ayam, mangkuk salad, minuman panas, dan banyak sayuran hijau. 

Tips

Penderita diabetes harus menjauhi makanan manis, kaya karbohidrat, dan olahan selama musim apa pun. Tetapi mereka harus menyimpan camilan manis karena obat diabetes dapat menyebabkan gula darah rendah pada saat yang disebut hipoglikemia. 

Photo :
  • U-Report

Sepotong cokelat hitam atau kacang panggang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah Anda jika terjadi keadaan darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya