Waspadai Menguap Berlebihan, Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung

Menguap
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Serangan jantung adalah keadaan darurat medis serius yang membutuhkan perhatian segera. Ini adalah kondisi di mana aliran darah ke jantung tersumbat, yang menyebabkan terganggunya transportasi oksigen dan otot jantung mulai mati.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Kondisi tersebut dapat dengan mudah dihindari jika kita memperhatikan rambu-rambu. Tetapi masalahnya adalah tidak semua kondisi jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas. Bagi kebanyakan orang, nyeri dada dan jatuh ke tanah adalah tanda-tanda serangan jantung yang jelas, itulah yang kami dapatkan dari film. 

Bertentangan dengan ini, beberapa gejala bahkan tidak terjadi di dekat dada Anda dan mudah terlewatkan dan yang mengejutkan Anda, menguap berlebihan adalah salah satunya. Menguap pada umumnya merupakan tanda sulit tidur. 

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Tetapi jika Anda terus melakukannya bahkan pada hari-hari ketika Anda tidur nyenyak dan tidak merasa lelah sama sekali, itu bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan yang serius, demikian dilansir dari Times of India.

Menguap adalah misteri dalam dunia ilmu kedokteran. Beberapa upaya telah dilakukan untuk memecahkan kode itu, tetapi para ilmuwan belum memperoleh banyak keberhasilan. Sesuai beberapa penelitian, menguap membantu meningkatkan oksigenasi darah dan pendinginan otak.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Diyakini bahwa menguap berlebihan terkait dengan saraf vagus, yang mengalir dari bagian bawah otak ke jantung dan perut. Dalam beberapa kasus, orang menguap terlalu banyak saat ada pendarahan di sekitar jantung. Fenomena refleks ini juga terkait dengan stroke. 

Photo :
  • U-Report

Sesuai penelitian, menguap berlebihan dapat terjadi sebelum atau setelah stroke. Gejala lain yang menyertai adalah mati rasa, wajah bagian bawah turun, lengan lemas dan sulit berbicara. Menurut pakar kesehatan, mereka yang terlalu banyak menguap saat berolahraga, terutama di hari-hari panas mungkin berisiko terkena serangan jantung.

Tanda-tanda lain dari menguap berlebihan

Menguap tidak hanya dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke, tetapi dengan beberapa kondisi kesehatan lain seperti, tumor otak, epilepsi, sklerosis ganda, gagal hati dan
Ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol suhunya.

Lalu apa yang harus dilakukan, jika Anda melihat peningkatan tiba-tiba dalam menguap, tanpa alasan yang jelas, konsultasikan dengan dokter. Semakin cepat mencari bantuan medis, semakin baik untuk kesehatan Anda. 

Dokter akan mencari tahu alasan di baliknya dan mungkin meresepkan obat yang sesuai. Jika hal itu terjadi karena kurang tidur maka dokter akan merekomendasikan pengobatan atau teknik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak seperti alat bantu pernapasan, mengurangi stres dan mengubah rutinitas tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya